Lihat ke Halaman Asli

Ninie Windi Astuti

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Waspadalah! Berikut Kepedulian Mahasiswa UMM demi Memajukan UMKM

Diperbarui: 7 November 2022   12:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penduduk Indonesia dengan mayoritas muslim menjadikan kebutuhan terhadap produk halal sangat besar. Perlu adanya jaminan produk halal terhadap produk yang masuk maupun beredar di Indonesia. Jaminan produk halal di Indonesia diatur oleh Pemerintah melalui Peraturan Perundang-undangan. Kehalalan suatu produk dapat diketahui dengan melakukan sertifikasi halal yakni dengan melakukan pemeriksaan produk mulai dari pemilihan bahan baku, proses produksi, sampai hasil akhir produk.

Oleh sebab itu, kelompok 7 PLKH III yang beranggotakan  Alvina, Sheila, Ninie, Nadia, dan Zalsabila melakukan observasi serta sosialisasi kepada produk UMKM "pancongLDR" yang berlokasi di Jl. Raya Dermo No.1-3, Jetis, Mulyoagung, Kec. Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65151. Menurut hasil wawancara yang kami lakukan, kedai tersebut sudah berjalan sekitar 3 tahunan dengan dibantu oleh 12 karyawan sehingga memperoleh omset penjualan yang cukup menguntungkan. 

Saat sosialisasi berlangsung kami memberitahukan terkait pentingnya sertifikasi halal, syarat dan juga prosedur pendaftarannya yang mudah untuk di akses. Sang owner kedai juga berminat mendaftarkan sertifikasi halal untuk produknya setelah mengetahui kemudahan dan juga keuntungan dari sertifikasi halal tersebut. Kedai ini juga banyak ramai dikunjungi oleh setiap kalangan, salah satunya mahasiswa karena lokasinya yang strategis serta dengan harga yang terjangkau. Kedai ini juga telah menyediakan layanan pesan antar seperti Shopee food, Gofood dan Grabfoof agar memudahkan para pembelinya.

Yuk, saatnya dukung UMKM agar lebih maju lagi!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline