Lihat ke Halaman Asli

Sekilas Tentang 'Seminar Atasi Hutang' Wisata Hati

Diperbarui: 25 Juni 2015   19:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Suatu hari teman datang kerumah, menceritakan bahwa ia baru saja mengikuti Seminar Tentang 'Solusi Atasi Hutang', yang diselenggarakan Team dari 'Wisata Hati' yang dikelola oleh Ustadz fenomenal Yusuf Mansur. Ia, teman saya itu, pak Joko ( nama samaran ) merupakan satu dari jutaan saudara kita rakyat Indonesia yang miskin, tidak mempunyai mata pencaharian tetap, tiap saat dikejar-kejar dep colector dan malam susah tidur.

Pak Joko menyodorkan segepok fotocopyan hasil seminar itu kepada saya. Semula saya menanggapinya biasa-biasa saja. Namun setelah ingat bahwa hampir semua teman-teman saya selalu mengeluh tentang banyaknya hutang yang belum terbayar, bahkan makin menumpuk dari hari kehari, saya jadi tertarik untuk mempelajarinya. Bukan lagi  sekedar untuk membaca.

Didalam fotocopyan itu sangat jelas dan rinci disampaikan tentang cara-cara dan trik bagaimana kita bisa melunasi hutang 'berapapun banyaknya' dalam waktu yang telah terukur, hanya 'satu sampai dengan empat puluh  hari !'. Dan ini bukan hanya promosi dan kabar burung belaka, tapi fakta !

Mengapa saya katakan fakta? Baru beberapa hari saja teman saya pak Joko melaksanakan 'trik-triknya Ustadz Yusuf Mansur dalam atasi hutang',  SUBHANALLAH...ia telah menerima hibah atas hutangnya jutaan rupiah...Tentu saja pak Joko menjadi bersemangat sekali untuk melaksanakannya sampai 40  hari, sampai selesai sesuai aturan mainnya.

Trik yang disampaikan oleh Ustadz Yusuf Mansur agar hutang-hutang kita bisa lunas dalam waktu yang tidak terlalu lama adalah dengan pendekatan 'introspeksi diri' serta 'mengutamakan Tuhan dalam kehidupan kita'. Juga kita diberi doa dan kata-kata sakti yang sangat menggetarkan dan menyentuh hati, yang harus kita baca berulang-ulang setiap hari agar hati kita termotivasi.

Meskipun saya belum mengikuti seminarnya, saya juga tergerak untuk ikut melaksanakan yang ada dalam panduan fofocopy itu, karena yang ada didalamnya tidak ada yang menyimpang dari Al Qur'an. Sungguh luar biasa akibatnya ! Alhamdulillah banyak sekali kebaikan dan keberkahan yang kemudian datang kepada saya.  Juga kemudahan-kemudahan yang sebelumnya tak pernah saya rasakan.

Inti dari trik yang disampaikan oleh Ustadz Yusuf  Mansyur adalah meneliti kembali semua dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Sebab menurut Ustadz semua kesusahan, kesulitan, musibah, kegelisahan kita bersumber dari diri kita sendiri. Jika yang kita tanam adalah kebaikan tentu akan berbuah kebaikan, dan jika yang kita tanam sebuah keburukan maka yang akan kita tuai adalah pasti keburukan juga. Semua tindakan pasti akan berbuah, hanya kita yang tidak pernah tahu, kapan berbuahnya, dan dibagian hidup kita yang mana buah itu akan kita petik?. Dan langkah selanjutnya memohon ampunan yang sungguh-sungguh kepada Allah Yang Maha Mengampuni.

Allah Maha Pengampun, sebesar dan sebanyak apapun dosa kita, sejauh kita sungguh-sungguh dalam memohon ampunan, dengan penuh kerendahan hati, insya Allah dosa kita akan diampuni-Nya.

Saya menulis ini, mengingat saya dan banyak saudara kita yang lain diluar sana, banyak yang mempunyai hutang dan belum menemukan solusinya. Barangkali Anda tertarik, silahkan saja mengikuti seminarnya, dan rasakan hasilnya. Gratis kok ! Semoga tulisan ini bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline