Lihat ke Halaman Asli

Peranku untuk Indonesia

Diperbarui: 9 Desember 2018   05:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Indonesia adalah negara yang dulunya dijajah oleh banyak negara-negara asing. Lalu pada akhirnya Indonesia mendapat kejayaannya. Dengan melalui banyak pengorbanan dan tumpah darah dari para pahlawan. Kita sebagai pemuda di era milenial seharusnya bisa menjaga kejayaan Indonesia itu. Tidak hanya melalui status di media social saja, tetapi para pemuda di era milenial juga harus menjalankan aksi nyata untuk menjaga kejayaan negara ini.

Seorang pemuda haruslah mempunyai pemikiran yang luas, berpendidikan, dan juga berani menyampaikan aspirasi dengan baik dan benar. Tidak hanya memikirkan pendapat dari dirinya sendiri, tetapi juga harus bisa memahami pendapat orang lain. Seorang pemuda juga harus bisa membaca suatu perkara tidak hanya dengan satu sudut pandang saja, tetapi dia juga harus bisa melihat dari sudut pandang yang lain.

Ada yang berkata bahwa pemuda adalah agen perubahan dan agen control. Yang berarti bahwa seorang pemuda harus bisa mengontrol segala hal, seperti mengontrol emosi dan seorang pemuda juga bisa mengontrol kedaan yang terjadi pada suatu waktu. Yang selanjutnya seorang pemuda harus bisa menjadi agen perubahan. Perubahan dalam keluarganya, perubahan dalam negaranya, dan yang paling penting adalah perubahan dalam dirinya sendiri.

Perubahan didalam keluarga bisa dilakukan dengan cara seperti mengubah pola di dalam keluarganya yang kurang baik, member perubahan dalam hal ekonomi, dll. Perubahan dalam negara yaitu memberikan perubahan yang baik untuk negaranya sendiri. Seperti ikut mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, ikut serta dalam menjaga kesejahteraan negara. Dan yang terakhir adalah merubah diri kita sendiri. Mulai dari pola piker, kebiasaan, sikap, dan sifat kita yang sekiranya masih kurang baik. Itu adalah hal yang paling utama yang harus kita jalani. Karena hanya dengan hal itu kita bisa melakukan perubahan yang sangat besar.

Apalagi pada era milenial ini banyak hal yang lebih menjurus kepada hal-hal yang negatif. Karena pada era ini IPTEK mengalami kemajuan pesat. Dan semua golongan dapat mengakses media sosial dengan mudah tanpa halangan apapun. Tugas kita sebagai pemuda di era milenial ini haruslah cermat dan cerdas dalam memilah-milah mana yang menjadi hal positif dan negatif dari perkembangan IPTEK itu. Dan kita juga harus berhati-hati dalam memakai media social. Jangan sampai menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang banyak.

Sebagai seorang pemuda kita juga harus bisa mengembalikan kejayaan Indonesia dari penjajahan ilmu teknologi (IPTEK). Secara tidak langsung negara lain menjajah kita melalui perkembangan teknologi, yang tidak kita sadari dapat merusak diri kita sendiri dan juga secara tidak langsung mulai merusak tradisi-tradisi asli Indonesia. Dengan cara mengganti fokus pemuda milenial terhadap kebudayaan asli Indonesia dengan kebudayaan dari negara lain. Jika hal itu sudah terjadi, maka akan sangat dengan mudah bangsa Indonesia dijajah secara terang-terangan oleh negara lain.

Tugas utama kita sebagai pemuda di era milenila adalah menjaga jeutuhan bangsa serta kejayaan bangsa Indonesia dari hal-hal tersebut. Dengan cara memunculkan sikap-sikap nasionalisme, memahami-memahami cerita-cerita sejarah bangsa Indonesia agar kita tahu bahwa dulu para pejuang kemerdekaan tidak serta merta mendapatkan dengan mudah kemerdekaan bangsa Indonesia, memperdalam ilmu-ilmu agama dengan baik agar tidak menimbulakn salah paham dengan agama-agama lain atau aliran-aliran lain, karena agama sangatlah penting bagi suatu negara. Apabila suatu negara tidak memiliki kerukunan dalam beragama maka negara itu akan hancur. Dan apabila suatu negara yang para pemuda-pemudanya memiliki sifat acuh tak acuh terhadap negaranya sendiri, maka negara itu lama-kelamaan juga akan hancur.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline