Lihat ke Halaman Asli

Nurminingsih

Mencerdaskan Anak Bangsa

Sosialisasi Usaha Ekonomi Produktif Melalui Bank Sampah Online di Kelurahan Jatimulya Depok

Diperbarui: 5 Februari 2022   20:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sosialisasi Usaha Ekonomi Produktif Melalui Bank Sampah Online  di Kelurahan Jatimulya Kecamatan Cilodong Kota Depok Jawa Barat

Program unggulan Kota Depok di bidang keciptakaryaan adalah dicanangkannya Depok Kota Bersih atau Zero Waste City. Pada tahun 2021, ditargetkan Kota Depok dapat mengelola sampah terpilah dengan cakupan layanan 50% dari total area Kota Depok. 

Untuk mencapai target tersebut, disusunlah program seperti Pembangunan Infrastruktur Persampahan Kota, Edukasi dan Kemitraan dengan Masyarakat dan Sektor Bisnis, Manajemen Pengelolaan Sampah Modern dan Pusat Riset dan Training

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Jawa Barat mendorong terbentuknya bank sampah di tingkat kelurahan untuk mengatasi masalah sampah di Depok. DLHK berupaya di tingkat kelurahan. Berdasarkan data terakhir jumlah BS mencapai 319 kelompok yang tersebar di 63 kelurahan. 

Jumlah data bank sampah di Depok masih fluktuatif hal ini dikarenakan  di Depok ada bank sampah yang baru terbentuk tetapi tidak daftar dan ada juga yang sudah pasif. DLHK Depok mendorong terbentuknya Unit Pengolahan Sampah (UPS) di setiap Kelurahan.

Melihat kondisi tersebut Program Studi Administrasi Bisnis Program Magister Pascasarjana Universitas Respati Indonesia melaksanakan sosialisasi dan kampanye kebijakan serta program pengelolaan sampah dimana bagi masyarakat yang malas untuk aktif datang ke  rumah kompos/Unit Pengelolaan Sampah (UPS) tetap dapat berkontribusi melalui Bank Sampah Online. 

Bank Sampah Online adalah aplikasi berbasis web & mobile yang bertujuan untuk mendukung kegiatan operasional Bank Sampah khususnya di Kota Depok yang dapat dilakukan melalui sosialisasi  oleh pemerintah maupun pihak universitas.

Dokpri

Sasaran kegiatan ini adalah 25 orang pelaku UMK di Kelurahan Jatimulya Kecamatan Cilodong Kota Depok Jawa Barat.  Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2021 di Kelurahan Jatimulya Kecamatan Cilodong Kota Depok Jawa Barat. 

Adapun tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk meningkatan pengetahuan  pelaku UMKM mengenai bank sampah online, memberikan alternative pilihan modek pengembangan bank sampah online, memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan ekonomi produktif melalui peluang usaha bank sampah online, mengedukasi pelaku UMKM tentang cara menggunakan aplikasi bank sampah online, memberi pilihan beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatlan sebagai peluang usaha bank sampah online dan meningkatkan kemampuan pemanfaatan aplikasi bank sampah online. 

  





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline