Lihat ke Halaman Asli

Ningrum Wahyu Ramadhan

Mahasiswi Bimbingan dan Penyuluhan Islam angkatan 2023 UIN Walisongo Semarang

Menyikapi Tantangan Dakwah di Era Digital

Diperbarui: 31 Mei 2024   02:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dakwah merupakan salah satu kegiatan utama dalam Islam yang bertujuan untuk menyebarkan ajaran agama, membimbing umat, dan memperkuat iman. Dalam sejarahnya, dakwah telah melalui berbagai fase dan metode, mulai dari lisan, tulisan, hingga media massa. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang pesat, kini telah membawa tantangan baru bagi para da'i dalam menyebarkan dakwah nya. 

Di zaman yang serba modern ini, era digital telah membawa perubahan yang cukup pesat dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk cara kita berkomunikasi dan menyampaikan pesan. Perubahan di era digital ini tidak hanya mempengaruhi pada bidang sektor bisnis, pendidikan, dan pemerintahan saja, tetapi juga memasuki dunia dakwah. 

Dakwah, yang merupakan upaya menyebarkan ajaran Islam, kini harus beradaptasi dengan teknologi digital untuk tetap relevan dan efektif. Menurut (Muhammad Ali: 2021) media digital cukup membawa peluang yang besar bagi penyebaran pesan-pesan keagamaan, namun di sisi lain juga membawa berbagai tantangan yang cukup kompleks. 

Dalam tulisan ini, akan membahas tentang tantangan dakwah di era digital, serta bagaimana cara menghadapinya agar pesan dakwah Islam itu dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens (mad'u) di tengah perkembangan teknologi yang pesat ini.

Dakwah sebagai usaha untuk menyampaikan ajaran Islam yang tidak hanya sekedar berdiri mimbar saja, kini memiliki peran penting dalam membentuk moral dan spiritual. Namun di era digital ini, dakwah mulai menghadapi berbagai tantangan. 

Menurut (Nur Ahmad: 2013) dalam penelitiannya dengan judul tantangan dakwah di era teknologi dan informasi bahwa tantangan dakwah dalam masa kini sangat bervariasi dan kompleks, terutama karena perubahan dalam masyarakat, teknologi, dan dinamika sosial. 

Salah satu tantangan utama dakwah saat ini adalah banyak nya informasi yang tersebar secara digital melalui Internet dan media sosial yang telah mengubah cara kita untuk mendapatkan lebih banyak informasi. 

Hal ini menjadi tantangan para da'i karena banyaknya informasi yang tidak akurat, hoax, dan tersebarnya beberapa konten negatif yang dapat menjelekan pesan dakwah. Di sisi lain juga, hal ini bisa menjadi peluang besar bagi para da'i untuk menyebarkan dakwah dan mendapatkan mad'u maupun audiens yang lebih banyak

Adapun tantangan dalam menyebarkan dakwah, sebagai berikut:

1. Konten yang Kurang Akurat ataupun Terverifkasi.

Dalam bermain media sosial dan platform digital lainnya memungkinkan kita untuk menyebarkan informasi dengan sangat cepat, baik itu informasi yang benar maupun yang salah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline