Lihat ke Halaman Asli

Ningrum

Mahasiswa

Sosialisasi Mahasiswa KKN-Kolaborasi Untuk Kesehatan Gigi dan Cuci Tangan

Diperbarui: 20 Agustus 2023   17:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Dalam wujud implementasi program kegiatan yang telah diagendakan oleh para mahasiswa KKN-Kolaborasi di Desa Bagorejo yaitu membentuk kelompok belajar dan pelatihan keterampilan berbasis Ms. Power Point dalam upaya peningkatan mutu intelektual para siswa Desa Bagorejo. Memasuki minggu ke tiga sudah selayaknya menjadi tajuk dalam agenda kegiatan para mahasiswa untuk menyegerakan hasil dari berbagai aspirasi dari stakeholder dan olah data menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Agenda yang mulai diwujudkan adalah kegiatan kelompok belajar. Dimulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD.

Sebelum melakukan sosialisasi, kami anggota KKN-Kolaborasi 2023 Desa Bagorejo mengikuti pembiasaan yang ada di PAUD Kuncup Bunga, seperti berdoa bersama, senam,  dan menari. Kegiatan sosialisasi sikat gigi dan cuci tangan merupakan salah satu program kerja dari bagian kesehatan  KKN-Kolaborasi 2023. Dilaksanakan pada hari Kamis, 02 Agustus 2023 dan  bertempat di PAUD Kuncup Bunga.

Dok. pribadi

Dalam pelaksanaannya, seluruh anak PAUD Kuncup Bunga diminta berkumpul bersama di dalam kelas untuk penyampaian materi cuci tangan dan gosok gigi yang benar. Mereka berbaris rapi dengan jarak yang telah diatur agar tidak terlalu berdekatan dan tidak mengotori teman-teman yang lain. Masing-masing anak membawa satu buah sikat gigi dan pasta giginya sudah disiapkan oleh anggota KKN-Kolaborasi 2023.

Kemudian secara bertahap sebagian mahasiswa mempraktikkan bagaimana cara menyikat gigi dengan benar dan mencuci tangan dengan benar pula. Sosialisasi tersebut diiringi dengan alunan musik agar anak-anak lebih mudah dalam menghafalkan tata cara tersebut. Sebagian anggota KKN-Kolaborasi dan juga guru Paud ikut serta membantu membimbing anak-anak satu-persatu, agar menyikat gigi dengan perlahan. Secara bergantian anak-anak melakukan praktik menyikat gigi dan mencuci tangan.

Kendala yang terjadi di lapangan dapat dikondisikan dengan koordinasi di antara peserta KKN. Anak-anak Paud Kuncup Bunga Desa Bagorejo juga sangat antusias dalam belajar dan mempraktikkan apa yang telah disosialisasikan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi anak-anak mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan cara mencuci tangan yang baik.

Penulis

Kelompok KKN-K 008 Desa Bagorejo, Kecamatan Gumukmas, Kecamatan Jember.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline