Lihat ke Halaman Asli

PMM 78 UMM Gelar Sosialisasi Kekeluargaan: Membentuk Kepribadian Positif di SDN 1 Pacet

Diperbarui: 28 Maret 2024   14:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

PMM 78 UMM Gelar Sosialisasi Kekeluargaan: Membentuk Kepribadian Positif di SDN 1 Pacet

Malang, 28 Februari 2024 - Mahasiswa anggota PMM Kelompok 78 Gelombang 6 dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). yang beranggotakan berjumlah 5 orang terdiri dari ketua koordinator Dzakwan Januarizal Efendi dengan NIM 202210160311011, Sekretaris Fadel Mohammad Nabawiy NIM 202210160311014, Bendahara Nindya Andhini NIM 202210160311033, Humas Alfandra Bagaskara NIM 202210160311040, PDD Gingga Nehru Saputra NIM 202210160311492. Serta Rinaldy Achmad Roberth Fathoni, S.AB., M.M selaku dosen pembimbing lapangan. 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang. Menghadirkan semangat kekeluargaan ke SDN 1 Pacet. Kegiatan sosialisasi yang berlangsung dari 19 Januari hingga 19 Februari 2024 ini memiliki tujuan mendasar, yaitu membentuk kepribadian positif para murid SDN 1 Pacet melalui pembekalan bimbingan dan edukasi kekeluargaan.

Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, mahasiswa UMM menggelar sosialisasi yang menjadi momen penting untuk meresapi peran keluarga dalam membentuk kepribadian anak-anak. Materi-materi dan tips disajikan dengan tujuan memberikan pandangan yang komprehensif mengenai sosialisasi peran keluarga sebagai lingkungan utama bagi pertumbuhan anak.

Fokus utama dalam kegiatan ini adalah pemahaman peran keluarga sebagai pembentuk karakter anak, yang dianggap sebagai fondasi utama proses sosialisasi personal. Kendati begitu, permasalahan seringkali muncul dan memberikan dampak negatif pada anak-anak, terutama ketika orang tua terjebak dalam tuntutan kehidupan dan pekerjaan, mengesampingkan tugas dan kewajiban sebagai orang tua.

Dalam konteks SDN 1 Pacet, kegiatan ini diharapkan mampu menyadarkan orang tua akan pentingnya implementasi fungsi keluarga. Masyarakat dan orang tua diingatkan kembali tentang tanggung jawab mereka terhadap proses sosialisasi anak, sehingga dampaknya positif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak di SDN 1 Pacet.

Pada akhirnya, sosialisasi kekeluargaan ini diharapkan bukan hanya bermanfaat bagi anak-anak SDN 1 Pacet, tetapi juga memberikan inspirasi bagi semua pihak untuk lebih memahami dan melibatkan diri dalam pembentukan karakter generasi muda, sehingga ke depannya tercipta lingkungan sosial yang lebih harmonis dan berkualitas.

dokpri

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline