Lihat ke Halaman Asli

Kebahagiaan

Diperbarui: 2 Desember 2015   21:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kebahagiaan adalah sebuah perasaan senang atau bahagia dalam diri makhluk hidup. Kebahagiaan sangat penting bagi setiap makhluk. Mengapa demikian ?

Hal ini dikarenakan dengan kebahagiaan manusia bisa menjalani hari-harinya dengan baik. Kebahagiaan bisa membuat orang tersenyum. Seutas senyum itu akan membawa perasaan nyaman dalam diri seseorang. 

Dari sumber yang saya kutip menyatakan bahwa Shawn Achor dalam bukunya yang berjudul The Happiness Advantage tahun 2010, beliau menyatakan bahwa kebahagiaan akan membawa kesuksesan. Selain itu pengkajian tentang kebahagiaan telah dibuktikan dengan penelitian. Penelitian ini membuktikan bahwa orang-orang yang datang ke kantor dengan perasaan bahagia akan mengerahkan energi mereka semaksimal mungkin untuk mencapai kesuksesan tersebut. Semisal tenaga penjual. Tenaga penjual yang bahagia, maka ia mampu menjual 56% lebih banyak dibandingkan dengan tenaga penjual yang tidak bahagia.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kebahagiaan itu sangat penting bagi hidup setiap orang. Untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup, seseorang harus mampu menjalani prosesnya. Begitu juga dengan proses, proses memerlukan waktu. Intinya setiap kebahagiaan itu memerlukan waktu. Dalam proses ini, kita dituntut untuk menyukai hal-hal yang tidak kita sukai.

Karena dalam menjalani proses ini tidak semulus ketika kita berjalan di jalan yang beraspal. Di jalan itu pasti ada kerikil dan pasir di sekitarnya. Yang sewaktu-waktu bisa mengenai kaki kita. Kita tidak mungkin menghilangkan kerikil dan pasir itu, karena kerikil dan pasir itulah salah satu bahan untuk membuat jalan yang mulus. Tidak mungkin juga kita menyingkirkan kerikil dan pasir itu, karena itu membutuhkan waktu yang lama. Alangkah baiknya, kita mencoba melihat, memperhatikan, menyentuh, merasakan dan tahap terakhir adalah belajar membiasakan.

Itulah kata kiasan bagi saya tentang sebuah kebahagiaan. Bahwa kebahagiaan itu ada prosesnya. Kerikil dan pasir bagaikan hal yang tidak kita sukai. Dan keduanya merupakan pembangun dari sebuah kebahagiaan itu. Untuk itu, kita harus belajar memahami dan membiasakan akan hal-hal tersebut agar kita terbiasa. Dari keadaan terbiasa itulah kita kan merasa nyaman. Keadaan nyaman akan mudah membuat kebahagiaan dalam hidup kita. Beberapa pepatah mengatakan bahwa kebahagiaan dan kesedihan adalah satu paket. Dan pelangi akan muncul setelah hujan reda. “The Rainbow is rising after rain and brings happiness”

Cintailah prosesnya.. Maka kebahagiaan akan muncul.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline