Lihat ke Halaman Asli

Tipe-tipe Memori

Diperbarui: 21 April 2018   15:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selama ini kita sering mendengar dan mengucapkan tentang memori, misalnya saat kita diajak teman kita untuk selfie, disaat itulah kita sering mengatakan bahwa memori ku penuh, udah nggak cukup buat menyimpan foto.  

Nah, dengan seringnya kita mengucapkan tentang memori, pastinya tau dong tentang pengertian memori sendiri? tapi yang akan kita bahas disini bukan tentang memori Handphone loh, melainkan memori pada makhluk hidup, khususnya manusia. 

Lalu Apakah sebenarnya memori itu?

Secara umum memori dapat diartikan sebagai tempat penyimpanan informasi sepanjang masa, mengapa dikatakan sepanjang masa? karena memori manusia itu dapat menyimpan informasi yang jangka waktunya cukup lama bahkan sampai bertahun-tahun. Tanpa adanya memori kita tidak dapat menghubungkan apa yang sudah terjadi kemarin dengan apa yang terjadi hari ini. Pemrosesan informasi dalam memori itu melalui 3 tahapan yaitu :

1. Penyandian

Penyandian ini berguna untuk memasukkan informasi ke memori,jadi sebelum informasi itu benar-benar kita simpan di memori kita, terlebih dahulu kita harus memasukkan informasi tersebut dalam memori kita. 

2. Penyimpanan

Penyimpanan disini maksudnya adalah menyimpan informasi ke dalam memori kita, jadi setelah informasi masuk dalam memori kita, secara langsung informasi tersebut akan tersimpan dalam memori kita. 

3. Pengingatan kembali 

Maksud dari pengingatan kembali adalah informasi yang telah tersimpan di memori kita akan kita ambil kembali dari memori kita jika kita membutuhkannya. 

 Tipe-tipe memori

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline