Lihat ke Halaman Asli

SFS, Cara Mudah Menaikkan Followers dan Pembeli Toko Online di Instagram

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14162962901266592632

Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui apa itu SFS, tapi tahukah anda Instagram (IG)? Nah, kalo yang satu ini pasti para pengguna sosial media sudah tahu. Instagram sekarang telah booming dikalangan para penggemar sosmed. IG sendiri adalah media untuk mengabadikan foto dan video dengan disertai sedikit ulasan mengenai foto atau video yang diunggah.  IG kini tengah mencapai popularitas paling puncak, ditandai dengan banyaknya para pelaku bisnis online yang sudah memanfaatkan IG sebagai media untuk mempromosikan barang jualan.

Lantas, apakah hubungan antara SFS dan Instagram ?

SFS adalah kepanjangan dari shoutout for shoutout, yang berarti sebuah sarana bagi para pemilik online shop di IG agar saling mempromosikan akun IG masing-masing olshop. Kalau di timeline IG anda sering muncul sebuah akun olshop yang melakukan promosi produk dengan jeda waktu yang relatif singkat, itulah yang dimaksud dengan SFS. SFS diyakini ampuh untuk meningkatkan omset penjualan dan jumlah followers akun olshop di instagram yang tergabung dalam jaringan pengguna SFS.

Bagaimana kita dapat menjalankan SFS?

Bagi para owner olshop yang ingin memaksimalkan bisnisnya dengan menjaring lebih banyak pembeli pasti jalan apapun akan ditempuh untuk mewujudkan mimpi sukses berbisnis online. Salah satu cara yang banyak digemari dan cocok untuk para owner adalah dengan cara SFS. Anda dapat bergabung dalam LINE khusus para owner olshop di instagram untuk membangun jejaring bisnis dalam mempromosikan produk jualan. Untuk mengikuti SFS ini tentu ada beberapa persyaratan. Biasanya syarat yang mutlak adalah akun olshop di IG sudah mempunyai banyak followers. Untuk berapa jumlah followers, biasanya ditentukan oleh masing-masing group SFS. Untuk menjaring followers dan minat pembeli lebih banyak lagi, para owner olshop dapat mengikuti group SFS lebih dari satu. Dalam satu group SFS terdiri dari berbagai macam jenis produk yang dipasarkan. Jadi jangan kaget apabila olshop pakaian mempromosikan olshop barang elektronik .

Apa Manfaat dari SFS?

Makin maraknya pebisnis online yang melirik media instagram, maka daya saing terhadap minat pembeli makin ketat. Apabila seorang netpreneur atau seorang pengusaha internet tidak melakukan inovasi untuk mengembangkan usahanya dapat dipastikan akan kalah saing dengan netpreneur lain. Salah satu cara yang dapat dipakai untuk meningkatkan jumlah pembelian produk adalah dengan menggunakan jasa SFS. Keuntungan yang diperoleh dari SFS ini sendiri adalah :

1. Menambah Followers

Siapa yang tak suka kalau punya IG dengan jumlah followers yang begitu banyak? Pasti menjadi dambaan seluruh pengguna IG, khususnya Online Shop. Dengan bertambahnya followers, maka semakin banyak pula orang yang melihat produk jualannya. Jika dalam sehari pengunjung yang melihat produk ada 500 orang dan dari 500 orang tersebut, 100 diantaranya menjadi calon pembeli. Nah, kebayang kan berapa banyak pembeli dalam waktu satu minggu?. Dengan mudahnya menggait banyak followers dari SFS, para owner juga jangan sampai lengah dengan popularitas ini. Owner diharapkan dapat menajamkan keputusan kapan terus melakukan SFS, dan kapan harus mengehentikan SFS. Jika olshop terlalu sering membuat postingan dalam jeda waktu yang sangat singkat, ini dapat menjadi bencana. Kenapa? Karena banyaknya followers yang akan merasa terganggu dengan postingan anda dan akhirnya memutuskan untuk unfollow akun IG yang bersangkutan.

2. Meningkatkan Penjualan

Jika followers semakin banyak, maka pembeli juga akan mengalami peningkatan. Usahakan selalu mengupdate produk jualan dan berikan keterangan yang jelas mengenai produk, termasuk harga dan bagaimana caranya untuk melakukan pemesanan apabila tertarik ingin membeli. Selalu tawarkan produk-produk terbaik anda untuk memuaskan customer.

Tips Memilih Shoutout for Shoutout yang Cocok

Untuk yang masih bingung bagaimana memilih SFS yang cocok untuk kita, berikut adalah beberapa tipe SFS :


  • SFS Personal. SFS ini adalah semacam kerja sama oleh dua olshop untuk membuat postingan dengan jeda waktu yang ditentukan.
  • SFS Keroyokan. Hampir sama dengan SFS personal, hanya saja SFS keroyokan melibatkan lebih dari 1 olshop.
  • SFS 2 in 1. SFS ini memerikan keleluasaan untuk olshop memposting lebih dari 1 postingan dalam satu waktu.


Nb : Foto diambil dari Google




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline