Lihat ke Halaman Asli

Nina Sulistiati

TERVERIFIKASI

Belajar Sepanjang Hayat

Tubuh Sehat Saat Puasa dengan Menghindari Makanan Jenis Ini

Diperbarui: 6 April 2023   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.datariau.com/detail/artikel/

Umat muslim terhitung sejak tanggal 1 Ramadan hingga 30 Ramadan wajib mejalankan puasa. Perintah berpuasa ada dalam Al quran surat Al Baqarah ayat 183 yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan (juga) kepada orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Maksud dari puasa itu sendiri menurut KBBI (1) meniadakan makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja (terutama bertalian dengan keagamaan), atau (2) salah satu rukun Islam berupa ibadah menahan diri atau berpantang makan, minum, dan segala yang membatalkannya mulai terbit fajar sampai terbenam.

Sedangkan menurut Al quran puasa itu bermakna menahan diri pada siang hari dari hal-hal yang membatalkan puasa dengan niat ibadah sejak terbit fajar hingga terbenam matahari." (Dikutip Ahmad Zarkasih melalui Kasysyaf Al-Qinaa')

Dari kedua penjelasan itu dapat ditarik kesimpulan bahwa orang yang berpuasa itu adalah orang yang menahan diri dari makan dan minum dari terbit matahari hingga tenggelam matahari.

Mengapa umat muslim diperintahkan untuk berpuasa? Allah Swt memerintahkan manusia untuk berpuasa tentu memiliki hikmah dan manfaat yang baik. Menurut laman https://www.siloamhospitals.com/ manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh , antara lain:

  • Menurunkan berat badan. Puasa dianggap dapat menurunkan berat badan karena puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh turut meningkat. Jika hal tersebut berlangsung lama maka berat badan akan berkurang.
  • Menjaga kesehatan jantung. Seseorang yang berpuasa akan memiliki risiko rendah untuk menederita penyakit jantungm hipertensi dan kolesterol tinggi. Saat berpuasa orang cenderung mengatur pola makannya dengan baik.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh. Puasa sepanjang hari menjadikan metabolisme lebih efisien karena adanya pelepasan hormon adiponektin. Hormon adiponektin sangat membantu setiap sel organ dan otot tubuh menyerap lebih banyak nutrisi. Semakin banyak nutrisi yang dapat diserap, semakin baik pula tubuh menjalankan berbagai fungsinya.
  • Saat berpuasa tubuh secara otomatis mengatur kembali produksi hormon pemicu lapar dan hanya melepaskannya ketika tubuh benar-benar membutuhkan asupan makanan.
  • Manfaat puasa selanjutnya adalah mampu mengurangi peradangan. Peradangan kerap terjadi karena pola makan yang tidak teraiur, tidak sehat. Hal tersebut dapat menjadi sumber radikal bebas yang konsisten dan menyebabkan peradangan.
  • Berdasarkan Al qur'an orang berpuasa akan tergolong menjadi orang=orang yang beriman, dapat melatih kesabaran, mengajarakan kita untuk bersyukur, dan ajang muhasabah diri.

Apakah makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat berpuasa?

Banyak makanan yang dapat memicu masalah kesehatan khususnya bagi orang yang sedang berpuasa. Selain pola makan yang diatur, asupan makan dalam tubuh pun harus diperhatikan. Banyak makanan yang harus dihindari saat berbuka atau pun makan sahur

  • Makanan pedas dan asam. Makanan pedas dapat menimbulkan masalah dalam pencernaan. Kita akan terkena diare jika mengonsumsi makanan terlalu pedas. Kondisi diare tidak akan membuat nyaman tubuh kita. Dilansir dari Halodoc, makanan yang terlalu asam akan menyebabkan meningkatnya asam lambung dalam tubuh. Dan penyakit maag akan muncul.
  • Minuman bersoda dan mengandung kafein. Minuman bersoda akan mengganggu. Minuman bersoda ini biasanya mengandung kadar gula sangat tinggi dan bisa berbahaya buat tubuh. Kandungan soda berbahaya untuk ginjal beserta organ pencernaan lain, terlebih lagi saat kamu belum makan.
  • Bagaimana dengan minuman yang mengandung kafein? Kafein yang ada dalam kopi dapat memicu produksi urine yang banyak sehingga tubuh akan kekurangan zat cair karena kita tidak bisa menggantinya saat puasa.
  • Memakan gorengan atau makanan berlemak. Mengonsumsi makanan berlemak atau gorengan memang nikmat saat berbuka puasa. Namun, perlu diingat terlalu banyak memakan gorengan dan makanan bersantan akan menimbulkan penyakit asam urat, darah tinggi dan kolesterol.
  • Makanan dan mnuman yang terlalu manis. Hal tersebut harus dihindari agar kadar gula dalam tubuh tidak naik.

Apa saja makanan dan minuman saja dikonsumsi saat berbuka atau pun sahur? Kita bisa memilih makanan yang sehat, seperti sayur-syuran dan buah-buahan. Jika kita bisa mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan yang sehat, puasa kita akan memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline