Lihat ke Halaman Asli

Nina Sulistiati

TERVERIFIKASI

Belajar Sepanjang Hayat

Keterampilan yang Harus di 'Up Grade' Ibu Saat Ramadan

Diperbarui: 3 April 2023   15:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://djatinangor.com/2020/03/08/stigma-masyarakat-membuat-ibu-rumah-tangga-dipaksa-memiliki-mental-sekuat-baja/

Apa yang harus dimasak buat buka dan sahur hari ini, ya? Bagaimana caranya membagi waktu karena harus menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur, pergi ke kantor dan ibadah? Bagaimana mengatur menu selama sebulan? Bagaimana caranya agar anak-anak mau berpuasa? Pertanyaan -pertanyaan itu yang muncul dari para ibu saat tiba bulan Ramadan.

Sebagai seorang wanita khususnya yang telah menjadi seorang ibu, banyak hal yang harus disiapkan saat menjelang bulan Ramadan. Hal ini sangat penting agar pelaksanaan puasa bagi seluruh anggota keluarga dapat berjalan dengan baik.

Hal-hal yang harus disiapkan meliputi:

  • Kesiapan jasmani dan rohani bagi seluruh anggota keluarga.

Sebelum puasa seorang , muslim harus meyiapkan kesehatan jasmani dan kesehatan rohani agar puasa yang dijalankan dapat berjalan lancar dan sempurna. Untuk menyiapkan kesehatan jasmani, kita harus menyiapkan fisik dan asupan makanan.

  • Persiapkan menu berbuka dan sahur

Puasa Ramadan dilakukan selama satu bulan penuh. Oleh karena itu seorang ibu harus menyiapkan rancangan menu yang akan diberikan saat berbuka atau saat sahur. Usahakan dapat memenuhi standar minimal gizi dan nutrisi yang dibutuhkan agar jasmani dan kesehatan tubuh tetap terjaga. Para ibu tidak usah pusing, sekarang ini banyak resep-resep yang dapat kita lihat di internet. Tinggal pilih dan sesuaikan dengan buget yang dimiliki.

  • Siapkan vitamin buat seluruh keluarga.

Vitamin sangat dibuthkan oleh tubuh apalagi saat tubuh berpuasa. Vitamin ini dapat diperleh dari buah-buahan atau dalam bentuk ekstrak.

  • Menyiapkan perangkat ibadah

Setelah berbuka, umat muslim menjalankan ibadah puasa berjamaah di masjid atau pun di rumah. Alat-alat ibadah seperti mukena, sarung dan sajadah harus dalam kondisi yang bersih agar ibadah salat dapat dilakukan dengan sempurna.

Untuk melakukan persiapan atau pun saat melaksanakan puasa Ramadan, peran seorang ibu sangat penting. Ibu harus mau meningkatkan kemampuannya saat bulan Ramadan ini. Apa saja kemampuan yang harus ditingkatkan oleh seorang ibu untuk keluarganya khususnya saat menjalankan ibadah puasa Ramadan.

  • Kemampuan memasak

Kegiatan memasak adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang wanita khususnya ibu. Setinggi apa pun jabatan yang dimiliki, memasak adalah salah satu keterampilan wajib bagi kaum wanita. Ibu harus mau meningkatkan kompetensi memasak dengan terus mengup date menu- menu kekinian yang disukai oleh anggota keluarga. Kemampuan memasak ibu yang hebat akan mengurangi pengeluaran jajan di luar. Makanan takjil, makanan berbuka lainnya dan makanan sahur dibuat langsung oleh ibu.

  • Kemampuan Mengatur Menu

Menu makanan adalah salah satu sahabat seorang ibu. Ibu yang pandai pasti akan mampu mengatur menu seimbang sesuai dengan biaya yang dimilikinya. Menu makanan tidak harus selalu mahal tetapi sehat dan gizi seimbang, vitamin dan yang lainnya.

  • Memahami Ilmu Kesehatan Bagi Orang yang Berpuasa
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline