Lihat ke Halaman Asli

Nina Safitri

Small Business Fighter

Benarkah Orang Indonesia Dikenal Ramah di Mata Dunia?

Diperbarui: 10 Juni 2021   17:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia negara dengan potensi pariwisata yang besar, sering dikunjungi turis asing. Mungkin kita sering bertanya tanya bagaimana pandangan wisatawan asing terhadap orang Indonesia. Fakta membuktikan bahwa Indonesia dianggap sebagai negara yang ramah di mata dunia. Namun apa alasannya, mengapa Indonesia dianggap sebagai negara ramah oleh dunia?

1. Suka Berinteraksi dengan Orang Lain

Orang Indonesia sangat senang berinteraksi dengan orang lain, terutama saat bertemu dengan orang asing. Ini karena orang Indonesia suka mengobrol dan bercerita. Ketika Anda bertemu dengan orang asing yang sedang berlibur, tentunya Anda akan menanyakan dari mana asalnya, sudah berapa lama tinggal di Indonesia, dan percakapan lain yang membuat Anda bisa mengobrol lama. Orang Indonesia dengan senang hati menjelaskan Indonesia kepada turis asing tanpa meminta bayaran karena mereka suka bercerita tentang keindahan Indonesia.

2. Bersikap Santun

Sejak kecil, orang Indonesia telah diajarkan untuk bersikap sopan kepada orang lain, terutama kepada orang tua. Meskipun Indonesia memiliki adat yang berbeda beda, namun secara umum selalu mengajarkan untuk memperlakukan orang lain dengan baik, tanpa memandang ras, agama, atau negara, mereka dianggap sama. Saat pertama kali bertemu dengan orang asing, orang Indonesia pasti akan tersenyum dan menunjukkan sikap hormat, seperti berjabat tangan. Sikap sopan semacam ini membuat orang asing lebih menghormati orang Indonesia.

3. Murah Senyum

Tidak semua negara di dunia memiliki sikap ramah yang selalu tersenyum kepada siapapun. Orang Indonesia mudah tersenyum ketika bertemu orang yang mereka kenal atau tidak, seperti orang asing. Baik di restoran, pasar, hotel, atau tempat umum lainnya, orang Indonesia dengan senang hatu tersenyum kepada orang yang mereka layani. Inilah yang membuat orang asing merasa bahwa orang Indonesia terlihat sangat ramah dan baik hati.

4. Suka Bergotong Royong

orang Indonesia juga bekerja sama. Orang asing yang sedang berlibur di Indonesia khususnya yang sedang berlibur di pedesaan atau pedalaman pasti pernah melihat orang Indonesia melakukan bakti sosial, membersihkan lingkungan, menyiapkan upacara adat dan memasak bersama. Orang Indonesia memiliki banyak hal untuk bekerja sama satu sama lain atau dilakukan secara kolektif. Sikap ini membuat orang Indonesia terlihat sangat baik dan ramah di mata orang asing yang lebih personal.

5. Suka Menolong

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain. Orang Indonesia sangat suka membantu siapa saja, apalagi orang asing. Ini adalah salah satu bentuk keramahan orang Indonesia. Misalnya, ketika turis asing menanyakan arah atau lokasi tempat tertentu, orang indonesia akan dengan senang hati menunjukkannya. Hal seperti ini sulit ditemukan di negara lain, terutama negara maju yang penduduknya sangat padat. Anda pasti akan diabaikan, jadi untuk menanyakan arah atau lokasi, Anda harus pergi ke kantor polisi terlebih dahulu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline