Pendidikan karakter sangat penting untuk kemajuan peserta didik,terlebih lingkungan keluarga menjadi dasar Pendidikan karakter hadir dengan sendirinya,anak adalah asset keluarga yang tak ternilai harganya.Sehingga banyak factor penunjang di dalamnya,tak hanya ayah,ibu dan anak saja melainkan saudara pun termasuk salah satu lingkungan yang ikut berperan alam pembentukan karakter peserta didik.
Aspek yang dibutuhkan dan dikuasai dalam kegiatan belajar mengajar tentunya tergantung dari assesmen yang diharapkan mata mata pelajaran yang diampu.Karena tujuan pembelajaran ini bermuara pada assesmen,seorang pendidik harus menguasai beberapa kompetisi karena itu salah satu karakter dibentuk.
Selain itu berlangsngnya Pendidikan karakter itu didasari oleh beberapa dimensi antara lain; hati,pikiran,rasa dan kinestetik atau gerak,Etika berfokus pada individu yang memiliki kerohanian mendalam,rasa berfokus pada individu yang memiliki keunggulan akademis,estetik merupakan individu yang memiliki integritas moral dan kinestetik merupakan individu yang sehat dan aktif.
Pendidikan karakter terhadap peserta didik.Tak hanya diterapkan didalam kelas saja,tetapi diluar kelas juga perlu diterapkan sehingga tidak terjadi ketimpangan. Nilai karakter yang diharapkan bagi peserta didik adalah religious,jujur,toleransi,disiplin,kerja keras,kreatif dan mandiri.
Cara belajar tidak focus,tidak disiplin,tidak hormat pada guru,tidak patuh pada aturan sekolah,prilaku,sikap,Bahasa kasar bahkan sopan santun peserta didik yang seenaknya berbuat sesuka hati itu merupakan tantangan bagi pendidik.
Kata Kunci : Pendidikan karakter peserta didik
PENDAHULUAN
Menjadi seorang pendidik yang notabene menjadi public figure peserta didik,itu semua akan ditiru,mulai dari cara pendidik berbicara,penampilan dan bertutur kata kepada mereka,semua itu akan berimbas pada sikap mereka terhadap pendidik,Jika seandainya pendidik memperlakukan mereka dengan lembut tentu peserta didik pun akan hormat menanggapi pendidik.
Semua berawal dari ucapan atau kata- kata,karena filosofinya kata- kata itu ibarat sebuah bola.Jika bola di pantulkan dengan pelan atau lembut maka pantulannya pun akan lembut pula,tetapi jika bola tesebut kita pantulkan dengan keras pasti pantulannya pun akan keras bahkan menjulang langit.Maka dari itu pendidik perlu melakukan penelitian tentang penumbuhan karakter peserta didik.
METODE PENELITIAN
Berkata baik dalam setiap hal yang berkaitan dengan peserta didik akan menjadi salah satu motivasi bagi peserta didik terkait pembentukan karakter bagi masa depannya.Pendidik harus memiliki 3 motivasi positif diantaranya: Positif tinking,positif feeling dan positif motivation .Ketiga aspek itulah bukti nyata peneliti alami untuk membentuk karakter peserta didik.Peserta didik yang awalnya berkata kasar,bersikap arogan bisa luluh dengan sendirinya tergantung bagaimana cara pendidik memperlakukannya,menanggapinya,serta selalu bersikap sabar dalam mengahadapinya.