Lihat ke Halaman Asli

NINA AGUSTINA

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Peran Orang Tua Dalam Membangun Moral Anak Bangsa di Tengah Perkembangan Iptek

Diperbarui: 11 Juni 2023   00:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita ketahui, IPTEK merupakan singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, berarti ilmu pengetahuan yang mempelajari teknologi yang dapat memudahkan banyak orang dalam beraktivitas. Salah satu hasil dari perkembangan IPTEK adalah dengan munculnya gadget atau internet.

Tanpa kita sadari, teknologi yang saat ini digunakan bisa saja berubah menjadi ancaman terutama bagi generasi penerus bangsa jika tidak digunakan dengan sebijak mungkin. Seperti yang saat ini terjadi yaitu banyak anak-anak yang kecanduan bermain ponsel dan tidak jarang banyak yang kedapatan mengakses hal-hal yang tidak seharusnya di pertontonkan oleh anak-anak. Dampak dari kecanduan itu seperti penglihatan bermasalah, mata lelah, dan lebih fatal lagi dapat merusak sel/ stuktur otak.

Menurut laporan dari We Are Social and Meltwater, total pengguna internet dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat pesat. Perjanuari 2023 total pengguna internet mencapai 276,4 juta jiwa dan sebanyak 98,3% pengakses internet di Indonesia menggunakan telpon seluler untuk mengakses internet. Dan rata-rata waktu pengakses dalam mengakses internet adalah sekitar 7 jam 42 menit di setiap harinya.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban orang tua sebagai sekolah pertama bagi anak-anak, dapat mencontohi yang baik-baik dalam membimbing anak-anaknya dan memfasilitasi anak-anaknya dengan pendidikan yang memadai agar tumbuh dengan moral dan kebiasaan yang baik. Orangtua juga perlu melakukan pengawasan terhadap apa yang diakses oleh anaknya di internet karena usia anak-anak merupakan usia yang sangat mudah terpengaruh akan hal-hal yang negatif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline