Lihat ke Halaman Asli

Pasar Monopoli dan Oligopoli: Mengapa Konsumen Memilih Membeli Barang Kepada Perusahaan Monopoli?

Diperbarui: 29 November 2022   15:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa itu pasar monopoli?

Pasar monopoli adalah suatu bisnis dimana bisnis tersebut dikuasai oleh satu perusahaan saja atau pasar tersebut tidak memiliki pesaing. Kebanyakan barang / jasa yang dijual dan ditawarkan oleh perusahaan monopoli biasanya adalah kebutuhan sehari -- hari masyarakat. Praktik monopoli seperti ini sebenarnya merupakan persaingan usaha yang tidak sehat, menurut undang -- undang nomor 5 tahun 1999. Dikarenakan monopoli dilakukan oleh satu pelaku usaha, maka dapat dikatakan perusahaan monopoli tersebut dapat mendapatkan keuntungan yang besar sekaligus juga dapat menjadi pengendali pasar dan juga pengendali harga.

Ciri -- ciri pasar monopoli:

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa ciri -- ciri pasar monopoli adalah sebagai berikut:

1. Hanya memiliki satu perusahaan atau pemasok

Salah satu ciri yang paling umum dalam pasar monopoli adalah hanya memiliki satu perusahaan saja, dimana sumber daya untuk membuat produk atau jasa hanya dikuasai perusahaan tersebut.

2. Tidak ada barang substitusi atau pengganti

Karena tidak ada pemasok lain, maka para konsumen tidak punya pilihan lain seperti barang substitusi atau pengganti.

3. Sebagai price maker

Perusahaan monopoli dapat mendapatkan keuntungan yang besar dari kewenangan yang mereka buat dengan harga produk yang mereka tentukan sendiri.

Kelebihan dan kekurangan pasar monopoli

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline