Lihat ke Halaman Asli

NIMATUL ISNAINI

Mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan

Melangkah ke Dunia Arsip: Pengalaman Magang di Kantor Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Ponorogo

Diperbarui: 25 Desember 2023   08:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Ponorogo, 16 Desember 2023- Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Negeri Malang (UM) yang mengambil mata kuliah peminatan Manajemen Rekod atau kearsipan telah berhasil menyelesaikan kegiatan Magang Mandiri di Kantor Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Ponorogo. Program magang ini berlangsung dari tanggal 28 Agustus 2023 hingga tanggal 16 Desember 2023. Kantor Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Ponorogo ini berlokasi di Jl. Jaksa Agung Suprapto No.101, Banyudono, Mangkujayan, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63413.

Program Magang Mandiri Universitas Negeri Malang ini dilaksanakan secara berkelompok. Sebanyak lima mahasiswa dari prodi S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang, yang terdiri dari Alimah Hana Dhiyaul Auliya, Kharisma Priyata Aristantri, Luthfiana Ainda Wardhani, Ni' Matul Isnaini, dan Viola Zesica Sari tergabung dalam satu kelompok. Selama melaksanakan kegiatan magang, kelima mahasiswa tersebut terlibat secara langsung dalam aktivitas sehari-hari di Kantor Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Ponorogo dalam berbagai kegiatan, khususnya dalam kegiatan pengelolaan arsip. Program magang ini menjadi sebuah kesempatan bagi kelima mahasiswa  untuk belajar lebih dalam mengenai  dunia kearsipan dibantu oleh para arsiparis-arsiparis yang tentunya sudah profesional di bidangnya. Selain pengetahuan dan ilmu baru yang akan sangat berguna dalam aktivitas akademik, pengalaman kerja juga didapatkan sebagai gambaran akan dunia karir di bidang kearsipan. Dengan demikian, pengetahuan, ilmu, dan pengalaman yang didapatkan dari kegiatan magang ini tidak hanya dari aspek akademik saja, namun juga dari aspek non-akademik.

Kantor Arsip dan Dokumentasi Ponorogo dipilih sebagai tempat atau mitra magang karena reputasinya sebagai lembaga yang memiliki koleksi arsip dan dokumen berharga. Hal ini sesuai dengan keilmuan yang sedang di dalami oleh kelima mahasiswa tersebut. Selain itu, keinginan untuk mempelajari secara langsung terkait proses pengelolaan arsip di lingkungan pemerintahan daerah menjadi alasan lain mengapa Kantor Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Ponorogo dipilih sebagai tempat atau mitra magang. Mahasiswa juga tertarik untuk merasakan atmosfer kerja di Kantor Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Ponorogo.

Dalam perjalanan magang di Kantor Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Ponorogo, kelima mahasiswa tersebut merengkuh serangkaian kegiatan-kegiatan seputar kearsipan, antara lain sebagai berikut:

1. Mengelola Arsip Inaktif

Proses Penulisan Deskripsi Arsip (Dokpri)

Mahasiswa magang terlibat secara aktif dalam pengelolaan arsip inaktif dan statis, memahami proses pemilahan, penulisan deskripsi arsip, pembandelan arsip, dan penyimpanan arsip.

2. Kegiatan Perawatan Arsip 

Kegiatan Pemberian Kamper kedalam Box Arsip (Dokpri)

Mahasiswa melakukan perawatan pada arsip untuk mempertahankan kondisi arsip agar tetap terjaga dengan baik. Kegiatan perawatan arsip terdiri dari pembendelan arsip menngunakan kertas payung, pemberian kamper setiap tiga bulan sekali, dan melakukan pembersihan debu dan kotoran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline