Lihat ke Halaman Asli

Melangkah bersama Duta Siswa Indonesia, Satu Suara untuk Masa Depan

Diperbarui: 4 Agustus 2024   15:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Ajang Duta Siswa

Ajang Duta Siswa Indonesia merupakan salah satu kompetisi bergengsi yang diadakan untuk menemukan dan mengembangkan potensi pelajar-pelajar terbaik di seluruh Indonesia. Sebagai bagian dari kompetisi nasional ini, Duta Siswa Kabupaten Bekasi telah melahirkan banyak talenta muda yang berprestasi, salah satunya adalah saya, Nimas Ayu Woro Ciptaningtyas, yang terpilih sebagai salah satu finalis Duta Siswa Kabupaten Bekasi Tahun 2024.

Duta Siswa Indonesia merupakan sebuah program yang dirancang oleh Yayasan Lingkar Inspirasi Bangsa untuk siswa-siswi dari seluruh provinsi di Indonesia untuk belajar, berdialog, bertukar ide dan solusi dalam menciptakan generasi emas Indonesia. Tujuan dari program ini adalah untuk mewadahi siswa-siswi di Indonesia dalam mengem bangkan skill dan kreatifitas sehingga terlahirlah siswa-siswi yang berprestasi. Lingkar Inspirasi Bangsa merupakan sebuah organisasi yang berfokus kepada seluruh instrumen pem berdayaan dan pengembangan pemuda dalam mewujudkan generasi dengan indentitas yang kuat dan berkarakter pancasila sehingga terwujud generasi emas Indonesia 2045.

Duta Siswa Indonesia akan memfokuskan diri untuk meningkatkan kualitas para siswa dalam menyiapkan diri mereka sebagai pemimpin masa depan. Program kerja Duta Siswa Indonesia akan kami pusatkan pada pendidikan, penelitian, pengabdian, pengembangan minat dan bakat siswa. Para siswa akan didorong untuk meningkatkan kesadaran terhadap prestasi akademis dan nonakademis, kecakapan dalam memaksimalkan teknologi, peduli terhadap permasalahan lingkungan dan global, sehingga akan terbentuk generasi - generasi terpelajar yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, jujur, berakh lak mulia dan mampu bersaing di kancah Internasional. Dengan visi dan misi sebagai berikut:

VISI :

Menjadi wadah untuk membentuk siswa Berprestasi yang berkarakter jujur dan amanah serta memiliki jiwa nasionalis agar mampu mempesiopkan diri menjadi bagian generasi emas Indonesia 2O45.

MISI :

  1. Menyusun program kerja yang bertujuan yang memiliki dampak positif untuk siswa, lingkungan dan masyarakat.
  2. Menjalankan aktivitas yang dapat mengoptimalkan kemampuan akademis maupun non akademis siswa.
  3. Turutsertadalamkompetisi ataupun pengembangan bakat dalam rangka mendukung seluruh siswa-siswi untuk terus berprestasi di tingkat Provinsi, Nasional sampai Internasional.
  4. Mempersiapkan siswa-siswi yang siap bersaing untuk lolos di PTN dalm ataupun luar negeri.

Menjadi finalis Duta Siswa Kabupaten Bekasi adalah sebuah pencapaian yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Perjalanan saya, Nimas Ayu Woro Ciptaningtyas, hingga menjadi salah satu finalis Duta Siswa Kabupaten Bekasi Tahun 2024 penuh dengan tantangan, kerja keras, dan semangat. Inilah cerita inspiratif saya, dari awal mendaftar hingga terpilih sebagai finalis.

Semua bermula ketika saya melihat poster pengumuman pendaftaran Duta Siswa di media sosial. Saat itu, saya merasa terdorong dan tertarik untuk mencoba, meskipun terdapat sedikit keraguan. Dengan tekad dan keinginan yang besar, saya memutuskan untuk mendaftar. Saya meyakinkan diri saya sendiri bahwa ini adalah kesempatan emas untuk mengembangkan diri dan berkontribusi lebih bagi masyarakat. Hingga akhirnya dinyatakan lolos di tahap awal dan menjadi salah satu manusia beruntung yang terpilih menjadi finalis Duta Siswa Kabupaten Bekasi. 

Sebagai seorang finalis Duta Siswa Kabupaten Bekasi Tahun 2024, saya Nimas Ayu Woro Ciptaningtyas telah melalui serangkaian seleksi ketat yang melibatkan berbagai tes berkas, tes skolastik, karantina online, tugas-tugas seperti video bakat, video profil diri dan advokasi, penilaian terhadap kontribusi sosial, dan berbagai penilaian lainnya. Saya tidak hanya unggul dalam prestasi akademik, tetapi juga aktif dalam berbagai kegiatan. 

Sejak kecil, saya selalu memiliki rasa cinta terhadap pendidikan dan lingkungan sekitar. Saya aktif terlibat dalam berbagai perlombaan, kegiatan sosial dan komunitas, salah satunya yaitu Forum Anak Daerah Kabupaten Bekasi. Melalui pengalaman ini, saya belajar banyak tentang kepemimpinan, kerja sama, dan pentingnya memberikan kontribusi bagi masyarakat.

Sebagai Finalis Duta Siswa Kabupaten Bekasi, saya bertekad untuk menjadi jembatan antara generasi muda dan masyarakat. Saya ingin mengangkat isu-isu penting seperti pendidikan yang merata, pengembangan bakat, atau isu lingkungan dan mendorong teman-teman saya untuk lebih aktif berpartisipasi dalam menciptakan perubahan positif. Dengan berbekal Visi “Mewujudkan generasi emas penerus bangsa yang berpedoman pada nilai-nilai Pancasila melalui Pelajar Si Koin (Solutif, Inovatif, Kreatif, dan Inklusif)”.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline