Lihat ke Halaman Asli

Nimahtun Nadhiroh

Mahasiswi IAIN JEMBER 2018

Seorang Guru Harus Tahu Prinsip-prinsip dalam Pembelajaran

Diperbarui: 14 Juni 2021   08:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seorang Guru Harus Tahu Prinsip-prinsip dalam Pembelajaran. | Kompas

Prinsip merupakan sebuah kebenaran yang diterima sebagai sebagai dasar berpikir atau bertindak. Jadi prinsip dapat diartikan sebagai sesuatu yang menjadi dasar pokok berpikir, berpijak dan bertindak. Sebuah prinsip sangat penting digunakan, apalagi dalam pembelajaran. 

Pembelajaran dapat mengalami kegagalan salah satu penyebabnya adalah tidak diterapkannya prinsip-prinsip dalam pembelajaran. Tiap proses belajar pasti memiliki rinsip-rinsip tertentu agar peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran sedemikian rupa. Peserta didik pasti akan merasa tidak nyaman jika tidak berkonsentrasi terhadap materi yang dijelaksan oleh gurunya. 

Di sini seorang guru dapat melaksanakan tugasnya dengan baik apabila ia dapat menerapkan cara mengajar yang sesuai dengan prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran.

Prinsip-prinsip yang harus diketahui oleh guru itu apa saja?

1. Kesiapan

Dalam proses pembelajaran yang paling utama yaitu harus dalam keadaan siap. Siap disini diartikan bahwa peserta didik harus siap menerima materi yang akan disampaikan oleh guru. Jika peserta didik tidak siap dalam menerima materi pasti tidak akan fokus kepada apa yang disampaikan guru kepadanya.

2. Perhatian

Perhatian dalam pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting. Kenyataannya menunjukkan bahwa tanpa perhatian tidak mungkin terjadi pembelajaran baik dari pihak guru sebagai pengajar serta peserta didik yang belajar.

Perhatian peserta didik akan timbul apabila bahan pelajaran yang dihadapinya sesuai dengan kebutuhannya, apabila bahan pelajaran itu sebagai suatu yang dibutuhkan tentu perhatian untuk mempelajarinya semakin kuat. Secara psikologis, apabila sudah berkonsentrasi pada sesuatu maka segala stimulus yang lainnya tidak diperlukan. Akibat dari keadaan ini kegiatan yang sedang dilakukan tentu akan berjalan dengan baik.

Baca juga: Prinsip Guru Pendidikan Anak Usia Dini

3. Motivasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline