Lihat ke Halaman Asli

Perhatian Sekolah terhadap Perkembangan Perpustakaan Sekolah

Diperbarui: 15 Juli 2023   12:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perpustakaan sekolah menyediakan berbagai macam buku yang dapat menjawab permasalahan-permasalahan pada siswa yang berkaitan dengan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, sehingga perpustakaan sekolah merupakan sarana yang diharapkan oleh seluruh warga sekolah terutama siswa disekolah tersebut. Oleh sebab itu, setiap sekolah diwajibkan untuk menyediakan perpustakaan karena perpustakaan merupakan bagian dari kegiatan sekolah. Sangat diharapkan sekali dukungan dari pihak sekolah. Pustakawan sangat memerlukan dukungan dari kepala sekolah berupa kebijakan dan dana. 

Kurangnya dana untuk pengembangan perpustakaan menjadi masalah dan keluhan nyaris semua jenis perpustakaan. Walaupun demikian, terkadang masalah dana ini menjadi masalah yang sangat kompleks sehingga dalam mencari solusi atas dana perpustakaan ini sangat bergantung dari keaktifan dan peran banyak pihak. Hal ini terjadi karena pihak sekolah tidak bisa membeli buku dengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang terbilang kecil. 

Kondisi ini, dapat dilihat dari tidak dimasukkannya anggaran pengembangan perpustakaan dalam anggaran pengembangan sekolah. Sehingga buku yang terdapat diperpustakaan hanya seadanya saja. Selain itu petugas perpustakaan juga minim, bahkan guru sekolah pun ikut diperbantukan untuk menjadi petugas perpustakaan. Dengan itu, memperlihatkan bagaimana keadaan perpustakaan sekolah yang sebenarnya sehingga membuat siswa enggan datang keperpustakaan sekolah. 

Tidak hanya itu, banyak bangunan perpustakaan yang kondisinya bocor dan rusak serta tidak layak untuk digunakan, ada pula sekolah yang tidak memiliki ruang perpustakaan dan hanya menggunakan sisasisa ruangan yang ada untuk digunakan sebagai perpustakan. Sedangkan dari para guru agar dapat membantu mempromosikan kepada siswa tentang pentingnya perpustakaan dan menekankan agar siswa rajin membaca dan meminjam buku,serta menyarankan perpustakaan  sebagai tempat pertama dalam mencari sumber informasi untuk mengerjakan tugas sekolah. Begitu juga  orang tua hendaknya memberikan motivasi agar anaknya rajin  meminjam buku, sebagai bacaan untuk di rumah.

Begitu juga dengan pustakawan yang bertanggung jawab dalam pengelolaan perpustakaan dengan baik, agar perpustakaan berjalan sesuai dengan peran dan fungsinya. Bila peran pihak sekolah berjalan dengan efektif dan efisien, diharapkan segala kendala yang sering terjadi pada perpustakaan dapat teratasi sehingga pada akhirnya upaya mencerdaskan bangsa dapat terwujud.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline