Lihat ke Halaman Asli

ada saja

entrepreneur

Pola Organisasi Esai

Diperbarui: 17 Maret 2021   20:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Buat kalian kata esai pasti sudah tidak asing lagi, bukan? salah satu istilah yang sering kamu jumpai terutama dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, dimana kamu mendapatkan tugas untuk menulis dan mencermati sebuah esai. Nah, untuk itu, yuk bareng-bareng kita telaah pengertian dan pola organisasi esai. 

Daftar isi:

  • Apa itu esai?
  • Pola organisasi esai
  1. Pendahuluan
  2. Pembahasan
  3. Penutup

Esai adalah karangan prosa singkat yang membahas suatu tema dari sudut pandang pribadi si penulis. Esai bukan hanya opini semata, karena di dalamnya ada fakta dan riset. Esai ini tentang perbandingan karya orang lain. Esai mempunyai ciri tulisan  yang mengandung pendapat dan bersifat subyektif dan argumentatif.

Pola organisasi esai

Dalam menulis esai yang baik dan benar, ada beberapa hal yang harus di cermati si penulis. Berikut adalah beberapa hal tersebut.

Pendahuluan

Dalam pendahuluan, penulis dapat mengupas tema atau topik yang akan di bahas pada keseluruhan esai, dan mengantar pembaca untuk lebih memahami pembahasan esai nantinya.

Pembahasan

Pada bagian pembahasan topik atau tema, esai akan di bahas lebih rinci. Kalimat pendukung esai beserta argumennya dituangkan sebagai analisa untuk melihat relasinya dengan topik yang sedang di bahas.

Penutup

Bagian ini berisi sebuah penutup atau kesimpulan dari si penulis yang berupa rangkuman dan ringkasan yang sudah dibahas dalam pendahuluan juga pembahasan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline