Lihat ke Halaman Asli

Mengubah Tutup Botol Bekas Menjadi Kerajinan Tas Cantik Bersama Kelompok Ibu-Ibu Desa Bobang

Diperbarui: 13 Agustus 2023   22:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Sumber gambar: Dokumentasi saat pembukaan acara/Dok pribadi

Kediri-Mahasiswa KKN Kelompok 2 dari IAIN Kediri mengambil langkah inovatif dengan mengadakan musyawarah dan sosialisasi yang bertujuan mengubah sampah menjadi barang berguna. 

Hari pertama, Sabtu 05/08/23 mahasiswa KKN IAIN Kediri kelompok 02 mengadakan acara tersebut di TK Dharmawanita 2 Bobang yang terletak di Dusun Kembangan. Sabtu sore sebelum acara berlangsung semua mahasiwa mempersiapkan kegiatan tersebut untuk memastikan agar acara tersebut berjalan dengan lancar. Salah satu inisiatif yang diambil adalah pengolahan tutup botol bekas yang akan dirubah menjadi tas cantik.

 Sumber gambar: Dokumentasi hari ke-1, memperlihatkan tutorial pembuatan tas

Maulana Ishaq salah satu mahasiswa KKN IAIN Kediri dari prodi Studi Agama Agama (SAA) yang menjadi pengarah acara. Ia memulai acara dengan  memperlihatkan kepada ibu-ibu  mengenai vidio tutorial pembuatan tas dari tutup botol bekas. 

Saat berlangsungnya acara, para ibu-ibu terlibat langsung dalam praktek pembuatan tas dari tutup botol bekas. Kemudian, dilanjutkan untuk membahas perencanaan acara selanjutnya termasuk penentuan hari dan tempat pelaksanaan acara. Hasil dari musyawarah bersama untuk melanjutkan kegiatan pada hari Selasa, 08/08/23 setelah magrib.

 Sumber gambar: Dokumentasi hari ke-2 saat pembuatan tas

Hari kedua, kegiatan berlanjut pada Selasa, 08/08/23 di tempat yang sama yaitu TK Dharmawanita 2 Bobang. Sebelum acara dimulai, mahasiswa KKN mempersiapkan segala hal untuk memastikan agar acara berjalan dengan lancar. Etika Dwi S., mahasiswa dari prodi HKI membuka acara tersebut. Para ibu-ibu Desa Bobang kembali bersemangat dalam pembuatan kerajinan tas dari tutup botol bekas. Saat pembuatan tas, mahasiswa KKN juga ikut serta mendampingi ibu-ibu. Kemudian, ibu-ibu dibagi menjadi tiga kelompok kecil.

Tetapi, saat proses pembuatan tersebut harus membutuhkan waktu lebih lama, sehingga kegiatan tersebut dijadwalkan lagi untuk dilanjutkan pada hari kamis  mendatang. Meskipun belum selesai, semangat dan antusias para ibu-ibu bersama mahasiswa KKN merasa senang melihat bagaimana sampah dapat diubah menjadi barang yang bernilai.

 Sumber gambar: Dokumentasi hari ke-3

Hari ketiga, setelah pengabdian di sekolah semua mahasiswa kelompok 02 mempersiapkan untuk acara nanti malam pada kamis, 09/08/23 yang bertempat di Balai Desa Bobang agar acara tersebut berjalan dengan lancar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline