Lihat ke Halaman Asli

Nila Zuhaida

Semangat membaca

Islam dan Kelebihan Manusia

Diperbarui: 13 November 2021   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT. yang paling sempurna dan paling tinggi derajatnya di banding makhluk ciptaannya yang lain seperti, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Dan manusia juga memiliki beberapa kelebihan yang membedakannya dengan makhluk lain, dan di antaranya adalah  :

1. Berbicara, manusia dapat berbicara yang biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan manusia lain. Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu dengan yang lain, maka dari itu manusia sangat membutuhkan adanya suatu bahasa untuk berkomunikasi yang di pahami antar sesama manusia.

2.  Memiliki otak, manusia memiliki otak yang sangat luar biasa hebat. Dengan adanya otak,  manusia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan  sering melakukan sebuah penelitian-penelitian yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan di masa depan dan juga dapat memikirkan/mengagumi kebesaran ciptaan Allah SWT. yang ada di alam semesta ini.

3. Menggerakkan anggota tubuh,  manusia dapat menggerakkan anggota tubuh untuk banyak hal seperti bekerja misalnya. Dan manusia juga dapat menciptakan alat-alat yang bermanfaat untuk kehidupan  seperti mesin cuci, kipas angin, komputer, leptop, handphone, dan lain-lain.

4. Kaya akan cipta rasa, manusia memiliki berbagai rasa yang biasa kita sebut emosional.  Ada berbagai macam emosional itu, seperti marah, sedih, bahagia, kecewa, senang, dan masih banyak lagi yang dapat manusia rasakan.

5. Berpakaian, manusia dapat berpakaian sesuai dengan ukuran dan gaya mereka masing-masing.

6. Memiliki 5 panca indra, yang memberi warna pada kehidupan manusia.

7. Memiliki  akal, hati, dan otak yang menjadi pembeda manusia dengan makhluk ciptaan Allah yang lain.

Yang membedakan manusia dengan makhluk yang lain adalah dikarenakan manusia di berkahi 2 hal yaitu hati, akal pikiran, dan manusia juga memiliki otak. Disini kita akan membahas apa hubungan antara hati, akal, dan kesempurnaan bentuk bagi manusia.

Hati manusia digunakan untuk menimbang dan memutuskan benar dan salah, baik dan tidaknya sesuatu. Akal manusia di  gunakan untuk memahami sesuatu. Dan kesempurnaan bentuk bagi manusia yaitu kerena manusia memiliki 2 hal tersebut yaitu hati dan akal pikiran yang dapat menjadi pegangan kehidupan selanjutnya. Jika manusia tidak memiliki/atau kehilangan salah satunya, maka akan terasa tidak lengkap dan kehidupan mungkin akan berjalan dengan tidak semestinya.

Contohnya jika hati manusia tidak digunakan dengan maksimal  dan rasa empati antar sesama manusia mulai menipis, maka kehidupan akan terlihat menyedihkan dengan banyaknya rasa ketidak pedulian antar sesama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline