Lihat ke Halaman Asli

Nila

F W

Ragam Makanan yang Berfungsi Melawan Rasa Pusing

Diperbarui: 4 September 2020   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Yang dimaksud dengan penyakit pusing adalah istilah kedokteran yang sering digunakan untuk menjelaskan kondisi buruk seseorang seperti melayang, mengambang atau dalam keadaan tidak seimbang. 

Sebenarnya pusing bukanlah termasuk ke dalam salah satu penyakit, melainkan hanya berupa gejala yang muncul dari bermacam-macam gangguan kesehatan. 

Pusing bisa muncul kapan saja, di manapun dan oleh siapapun disertai kehilangan pikiran seperti linglung hingga mual-mual. Pusing disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari gangguan telinga bagian dalam, mabuk darat, laut atau udara, hingga efek dari obat-obatan.

Kondisi kesehatan lainnya seperti adanya infeksi, sirkulasi darah yang terganggu, dan trauma juga mudah memicu kepala anda menjadi pusing. Meskipun terlihat sepele namun janganlah diabaikan begitu saja. Segera bawa ke dokter untuk melakukan tes kesehatan. 

Dokter yang menangani akan membedakan penyakit-penyakit parah lainnya yang menyertai berdasarkan atas tingkat keparahan serta durasi pusing. Beberapa diantaranya adalah alergi, vertigo, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, gangguan kesehatan telinga hingga adanya tumor.

Di samping minum obat khusus untuk pertolongan pertama terhadap rasa sakit, ada beberapa ragam makanan yang berfungsi melawan rasa pusing. Berikut bisa diperhatikan.

1/Makanan yang mengandung rendah kadar garam

Apakah anda mengenal penyakit yang bernama sakit meniere? Adalah salah satu penyakit pusing yang muncul karena vertigo. Pada kasus tertentu penyakit ini disebabkan oleh bagian dalam telinga yang mengalami peradangan.

Nah untuk mengatasi dan menghilangkan efek pusing biasanya para penderita dilarang untuk minum minuman yang mengandung alkohol dan berkafein. Maka dari itu pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan yang berasa terlalu asin atau makanan berkadar garam tinggi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Family Physycian pada tahun 2017 yang lalu menjelaskan bahwa asupan garam per hari harus dibatasi jangan sampai melebihi 2000 mg supaya tubuh tetap sehat dan bugar yang terhindar dari rasa pusing.

2/Makanan yang mengandung protein

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline