Ditengah suasana yang memanas akibat serangan terbaru di Kota Rafah, justru tepat pada hari Rabu 29 Mei 2024 SM Entertaiment mengumukan kerja samanya dengan salah satu produk boycott yaitu Starbucks lalu terpampang di platform Instagram milik @starbuckskorea itu sendiri bentuk kerja sama dengan caption sebagai berrikut "NCT + Starbuck. Summer full of neo energi. Coming soon" (NCT+Starbuck. Musim panas penuh energi baru. Segera hadir). Hal ini menarik banyak perhatian khususnya para penggemar NCT atau yang biasa disebut dengan NCTZen.
Pasalnya, kita semua menyadari bahwa Starbucks adalah salah satu brand ternama yang mendukung Israel dalam kegiatan penyerangan yang sedang terjadi sekarang, para NCTZen menyuarakan kegelisahan hati mereka bahwa menurut mereka manajemen Grup NCT ini terkesan tutup mata atas kejadian yang menimpa banyak saudara kita di Palestine.
Dampak dari kerja sama antara NCT dan Starbucks ini mengakibatkan para fans menyuarakan aspirasi mereka, bahkan terbit hastag guna menyuarakan ketidaksetujuan di platform X sebagai berikut "#SM_BOYCOTT_GENOCIDE" dan "SM_" tidak hanya sampai disitu saja, salah satu NCTZen yang merasa kecewa dengan tindakan ini membuat template yang menyuarakan bahwa dia tidak menyangka SM Town akan melakukan hal seceroboh ini, mengingat bahwa brand yang berkolaborasi ini adalah brand yang sedang gencar untuk di boycott oleh banyak orang khususnya Indonesia, diakhir pesan beliau mengungkapkan satu kalimat penegas menggunakan bahasa Inggris" we DO NOT support Zionist products" yang jika kita terjemahkan kedalam bahasa Indonesia sebagai berikut " Kami tidak mendukung produk zionis.
Atas tindakan ini, banyak sekali NCTZen Indonesia yang mulai geram dan pada akhirnya memilih untuk berhenti mengikuti segala bentuk aktivitas yang bersangkutan dengan NCT, sampai hari ini terkumpul kurang lebih setengah juta orang telah berhenti mengikuti akun Instagram miliki @nct_dream. Akun yang pada sebelumnya memiliki pengikut sebesar 17,3 juta ini menurun menjadi 13,4 juta pada tanggal 30 Mei 2024 jam 19.30, para NCTZen ini tidak hanya berhenti mengikuti akun Instagram miliki @nct_dream tapi mereka juga berhenti untuk mengikuti semua member NCT dari segala unit, baik NCT Dream, NCT 127 ataupun dari unit lainnya.
Dari tindakan yang dilakukan oleh NCTZen ini diharapkan pihak manajemen Grup NCT bisa sadar bahwa dampak dari keputusan untuk kerja sama dengan produk pendukung Israel adalah keputusan yang salah besar. Para NCTZen juga bersepakat untuk berhenti membeli merchandise apapun tentang NCT yang berkolaborasi dengan Starbucks selama SM Entertaiment masih memilih diam atas tindakannya yang telah mendapatkan protes dari banyak fans NCT sendiri.
Diketahui sampai hari ini telah terkumpul lebih dari 573.000 suara yang mensosialisasikan atau mengutarakan tidak setujuan mereka atas kerja sama ini. Hal ini menjadi gambaran betapa hebatnya kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama. Dari tindakan ini diketahui beberapa NCTZen menyuarakan bahwa mereka tidak hanya melakukan kegiatan ini semata-mata untuk ajang ikut-ikutan dengan segala hal yang sekarang ramai diperbincangkan, namun mereka melakukan ini atas kesadaran penuh bahwa produk pendukung Israel tidak harus dibela, mereka berharap dengan hal-hal yang telah diupayakan ini menjadikan pihak manajemen menyadari dan lebih terbuka terhadap isu-isu kemanusiaan, mereka juga berharap dengan tindakan ini suara mereka bisa terdengar dan dipertimbangkan sematang-matangnya oleh pihak SM Entertaiment.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H