Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget pada Anak

Diperbarui: 20 Maret 2024   06:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN 113 UPGRIS melakukan sosialisasi dampak penggunaan Gadget Pada Anak, dokpri

Pada Senin, 11 Maret 2024, mahasiswa KKN kelompok 113 Universitas PGRI Semarang mengadakan sosialisasi mengenai dampak penggunaan gadget bagi anak. Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa warga Desa Kedungboto khususnya para orang tua. Serangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan kemudian acara inti yaitu pemaparan materi dilanjutkan dengan tanya jawab kepada warga setempat dan diakhiri dengan penutupan kegiatan KKN kelompok 113.

Dalam memberi edukasi mengenai dampak gadget pada anak, mahasiswa KKN melakukan pemaparan materi mengenai bahaya penggunaan gadget dan cara mengatasi kecanduan dari HP sekaligus menyertakan contoh kasus dampak dari penggunaan gadget. Pemaparan materi ini dipaparkan oleh Asril Zaaidan Mahruza selaku divisi Literasi digital.

Di era globalisasi ini teknologi semakin maju, salah satunya yaitu gadget. Gadget merupakan perangkat elektronik yang dapat membantu aktivitas manusia menjadi lebih praktis dan mudah. Kini teknologi tidak hanya merambah di orang dewasa saja, namun juga sudah masuk di kalangan anak-anak di bawah umur. Penggunaan Gadget sendiri dapat mempengaruhi anak-anak dari aspek kesehatan maupun sosial.

Tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi ini yaitu untuk memberikan edukasi dan kesadaran kepada orang tua akan dampak yang terjadi akibat pemberian dan penggunaan Gadget bagi anak serta cara mengatasi agar anak tidak kecanduan dengan gadget.

Mahasiswa KKN berharap dengan adanya sosialisasi ini, bisa bermanfaat bagi orang tua dan anak-anak. Sebagai orang tua yang baik batasi anak dalam penggunaan gadget agar anak tidak tergantung pada gadget dan menyalahgunakan gadget untuk hal yang negative.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline