Lihat ke Halaman Asli

Nila Marwa

Mahasiswi/Pelajar

Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis di Rumah

Diperbarui: 19 Juli 2022   22:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Siapa yang tidak kenal dengan gaya hidup minimalis? Dewasa ini, gaya hidup minimalis sedang gencar-gencarnya diterapkan sebagian besar orang. Bagaimana tidak, gaya hidup yang satu ini memang memberi dampak positif kepada setiap orang yang menerapkannya. 

Minimalis, berarti tidak berlebihan dalam memiliki sesuatu, barang, benda, perlengkapan, dan lain sebagainya. Minimalis menekankan pada pengutamaan kebutuhan dan menekan pemborosan. 

Gaya hidup ini dapat diterapkan di setiap sisi kehidupan. Baik itu dalam hal mengelola rumah, perabotan dapur, pakaian, buku-buku, dan lain sebagainya. 

Gaya hidup ini, tentunya memberi dampak positif. Anda akan meminimalkan pengeluaran, hidup lebih sederhana, juga tidak akan terlalu pusing dengan bagaimana aga bisa hidup mewah.

Anda akan meminimalkan pengeluaran, karena apa apa yang Anda beli dan cari adalah apa-apa yang Anda butuhkan saja. Anda tidak akan terlalu berupaya untuk membeli sesuatu yang sifatnya bukan kebutuhan utama. 

Hidup Anda akan menjadi lebih sederhana karena dari awal, Anda hanya mengutamakan kebutuhan saja, atau lebih mengutamakan kebutuhan. Anda tidak terlalu menekankan pada hal yang sifatnya tambahan saja. 

Yang paling penting juga, Anda tidak akan terlalu pusing bagaimana untuk tampil dengan gaya hidup mewah dengan bergelimang harta benda. Secara langsung, gaya hidup minimalis ini akan lebih menekan Anda untuk tampil sederhana, sesuai kebutuhan, dan tidak mengandung terlalu banyak unsur kemewahan.

Lalu, bagaimana cara memulai hidup minimalis? Lakukanlah beberapa langkah dibawah ini.

Pertama, buanglah yang tidak perlu.

Salah satu hal yang sering dilakukan kebanyakan orang adalah membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Setelah dibeli, lalu kemudian dikoleksi, atau di mungkin ditumpuk dan akhirnya berdebu dan mempersempit ruang gerak. Terlebih lagi di rumah atau di kamar.

Sebenarnya, setiap orang bisa melatih dirinya dengan hanya membeli dan memiliki barang yang memang dibutuhkan saja, atau hanya memiliki sedikit barang diluar kebutuhannya. Ini berguna untuk lebih menekan pengeluaran, dan membiasakan hidup hemat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline