Lihat ke Halaman Asli

Nila WakhidaturRohmah

Mahasiswa Hukum Universitas Muhammadiyah Malang

Penyuluhan Pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) oleh PMM Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 60 bersama Warga Desa Gembongan

Diperbarui: 29 Agustus 2024   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PMM Kelompok 60/Dok.pri

PMM atau Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa, adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk pengaplikasian Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Muhammad Luthfi, S.H., S.Sy., M.H selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sukses membimbing anggota PMM kelompok 60 dalam mengadakan program pengenalan alat musik sederhana.

Pada agenda harian ini, Team PMM Universitas Muhammadiyah Malang berkesempatan memberikan penyuluhan dan praktek tentang pembuatan POC. Kegiatan ini dihadiri oleh antusiasme warga Desa Gembongan di Kabupaten Blitar, khususnya di Dusun Gembongan 1 RT 1/RW 2. Warga setempat sangat antusias dalam pembuatan pupuk, karena mayoritas penduduknya adalah berprofesi sebagai petani. 

Sehingga warga merasa bahwa dengan adanya penyuluhan dan praktek pembuatan POC dari Team PMM Bhaktiku Negeri Kelompok 60 -- Gelombang 9 ini dapat membantu warga guna menjadikan POC ini sebagai alternatif pemakaian pupuk cair. Tujuan dari kegiatan ini adalah Team PMM Kelompok 60 -- Gelombang 9 ini menjelaskan bahwa penggunaan pupuk organic cair ini dapat mengurangi pencemaran lingkungan, serta mengurangi atau membatasi penggunaan pupuk kimia yang juga mempengaruhi kualitas tanaman.

PMM Kelompok 0/Dok.pri

Pupuk Organik Cair yang dibuat ini sangat ramah lingkungan, pasalnya dalam pembuatan ini menggunakan bahan bahan dari limbah dapur, campuran Molase, limbah cucian beras, serta penggunaan EM4 untuk bahan baku saat fermentasi yang kurang lebih membutuhkan waktu 21 hari. Dalam pembuatan POC kali ini, Team PMM Bhaktiku Negeri Universitas Muhammdiyah Malang Kelompok 60 -- 

Gelombang 9 ini juga memanfaatkan galon gallon bekas pakai milik warga setempat. Sehingga Team PMM berharap dengan adanya penyuluhan pembinaan dalam pembuatan POC ini, warga Desa Gembongan dapat memanfaatkan limbah bekas (galon) unutk wadah pembuatan POC, serta limbah-limbah organic dapur agar dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku pembuatan POC ini. Bahan -bahan pembuatan POC ini terdiri dari : Sampah organic dapur, Limbah cucian beras, Molase, dan EM 4.

PMM Kelompok 60/Dok.pri

Warga juga sangat antusias dalam pembuatan POC ini, mereka juga bergantian dalam menyampurkan bahan-bahan ke dalam galon.  "Pembuatan POC ini kurang lebih membutuhkan waktu 3minggu agar dapat dipanen dan aplikasinya ke tanaman milik masing-masing warga" ujar Fitri saat melakukan penyuluhan terhadap warga Desa Gembongan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline