Lihat ke Halaman Asli

Rasakan Nasabah Sentris dalam Perbankan Digital ala Danamon

Diperbarui: 1 Desember 2017   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kebutuhan konsumen saat ini sangat cepat berubah terutama karena perkembangan teknologi digital. Semua orang saat ini ingin cepat dan praktis ketika mengikuti proses untuk memenuhi kebutuhannya. Apalagi dengan penggunaan internet yang semakin luas dan penjualan smartphone yang sudah melampaui setengah dari pasar telekomunikasi global.

Untuk industri perbankan, nasabah sudah semakin dimanjakan dengan layanan cepat dan tepat, serta aman contohnya melalui mobile banking. Namun, penyediaan layanan mobile banking menyisakan sebuah tantangan, apakah penggunanya memiliki pengalaman yang menarik ketika mengakses layanan tersebut?

Menurut riset yang pernah dilakukan oleh A.T. Kearney, ada empat golden rules yang perlu diperhatikan oleh bank sebagai penyedia jasa keuangan dalam era digital saat ini demi memenuhi harapan nasabah (customers' expectation), yaitu:

- simplicity yang berarti mudah digunakan baik secara interface maupun servisnya serta tampilan visual yang menarik lagi tampil smart,

- relationship yang berarti adanya hubungan erat dengan para pengguna (always connected), bisa dilihat melalui interaksi di media sosial ataupun channel lainnya

- trafficyang berarti bahwa layanan yang diberikan membuat pengguna senantiasa mengakses demi  memenuhi kebutuhannya, dan

- speed of innovation yang berarti bahwa layanan digital yang disediakan akan selalu diperbarui sedemikian rupa dengan inovasi terbaru yang semakin memberikan kenyamanan kepada pengguna.

Adalah PT Bank Danamon Indonesia Tbk yang sangat memahami posisinya sebagai penyedia jasa keuangan yang harus senantiasa berinovasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabahnya. Peluncuran corporate websiteterbaru www.danamon.co.id menjadi langkah strategis Bank Danamon untuk memberikan ruang kendali yang luas kepada nasabah untuk mengakses layanan perbankannya. Ibarat teras rumah, website harus bisa memberikan kesan yang nyaman sejak pertama kali dilihat.

Dan memang benar, ketika masuk ke web www.danamon.co.id, terasa sekali bahwa desainnya sudah mengedepankan kebutuhan nasabah. Menu utama yang ditampilkan dimulai dari Personal, Bisnis, E-Banking, Karir dan Tentang Danamon menjadi bukti bahwa positioning Bank Danamon untuk mengedepankan kebutuhan nasabah terutama terkait retail banking maupun layanan keuangan lainnya. Kita bisa mendapatkan semua informasi tentang produk-produk yang disediakan oleh Bank Danamon, baik untuk personal, maupun untuk bisnis.

Tampilan Corporate Website ini merupakan sebuah inovasi yang menggunakan sistem dan platform baru, yaitu SiteCore, sebuah sistem manajemen konten yang ternama dalam industri pengembangan web. Desain web dan sistem navigasi yang ditawarkan memberikan pengalaman customer journey yang memudahkan pengunjung web untuk mendapatkan informasi terkait kebutuhannya. Dengan peta situs tersebut, Danamon ingin menghadirkan client centricity yang bertujuan untuk memberikan pengalaman menarik kepada pengunjung.

Ada fitur yang menarik ketika di sisi kanan dari tampilan situs muncul quick sticky menu yang terdiri dari Hubungi Kami, Kurs, D-Point, Temukan Kami, dan E-Banking. Coba klik pada Kurs, dan ternyata informasi terkait kurs langsung muncul tanpa harus loadinglagi atau ternavigasi menuju halaman baru. Ini adalah sebuah desain yang responsif dan memberikan kecepatan informasi kepada pengunjung. Rasakan kecepatan dan ketepatan dipadukan dengan sistem navigasi informasi yang berorientasi kepada kebutuhan nasabah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline