Lihat ke Halaman Asli

nikopurba

Mahasiswa

Inovasi Mahasiswa Pendidikan Agama Kristen Membuat Virtual Reality Dari Kardus Bekas Sebagai Media Pembelajaran

Diperbarui: 17 Desember 2024   11:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Pendidikan Agama Kristen membuat Virtual Reality

Tarutung, 17 Desember 2024- Mahasiswa Pendidikan Agama Kristen membuat Virtual Reality sebagai sebagai media pembelajaran. Kegiatan ini dipandu oleh dosen pengampu Dr. Sandy Ariawan, M. Pd. K

Pembelajaran menggunakan teknologi terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi itu sendiri. Salah satu teknologi yang paling banyak dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah virtual reality (VR). Virtual reality adalah teknologi yang menghasilkan lingkungan digital yang menyerupai dunia nyata dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan tersebut.

Pemanfaatan media pembelajaran virtual reality dalam pembelajaran memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menikmati pengalaman belajar siswa. Berikut adalah beberapa manfaat pemanfaatan media pembelajaran virtual reality dalam pembelajaran:

  1. Memperkaya pengalaman belajar Dalam pembelajaran konvensional, siswa hanya belajar melalui buku dan gambar-gambar yang statistik. Namun dengan VR, siswa dapat merasakan dan mempelajari topik yang diajarkan secara langsung. Misalnya, ketika belajar tentang sejarah, siswa dapat merasakan bagaimana hidup pada masa lalu dengan menggunakan VR.

  2. Meningkatkan daya ingat Pengalaman belajar yang berbeda dari biasanya dapat meningkatkan daya ingat siswa. Dengan VR, siswa dapat mengalami hal-hal yang sulit dijelaskan dengan kata-kata atau gambar. Hal ini dapat membantu siswa untuk mengingat informasi yang diajarkan dengan lebih baik.

  3. Mengurangi biaya pembelajaran Dalam pembelajaran tradisional, beberapa materi pembelajaran hanya dapat dipelajari dengan cara mengunjungi tempat-tempat tertentu. Namun dengan VR, siswa dapat mengunjungi tempat-tempat tersebut secara virtual dan tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan tiket masuk.

  4. Meningkatkan partisipasi siswa Penggunaan VR dalam pembelajaran dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. VR dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Selain itu, siswa juga dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran karena mereka dapat berinteraksi dengan lingkungan virtual.

  5. Meningkatkan keterampilan siswa Penggunaan VR dalam pembelajaran dapat membantu meningkatkan keterampilan siswa. Contohnya, siswa dapat mengembangkan keterampilan memecahkan masalah dengan menghadapi situasi-situasi yang dihadapi dalam lingkungan virtual.

Namun pemanfaatan media pembelajaran virtual reality dalam pembelajaran juga memiliki beberapa tantangan. Tantangan utama adalah biaya dan aksesibilitas. Pembelian peralatan VR dan pembuatan konten VR yang berkualitas dapat menjadi sangat mahal. Selain itu, tidak semua siswa memiliki akses ke peralatan VR.

Pembuatan Virtual Reality dipandu Dr. Sandy Ariawan, M. Pd. K

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline