Lihat ke Halaman Asli

Artikel mengenai Keberagaman

Diperbarui: 8 September 2022   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Keberagaman adalah berbagai perbedaan yang ada didalam masyrakat dan itupun terjadi hingga saat ini,hingga detik ini. Dengan adanya keberagaman maka sesamaa individu akan mempelajari apa yang membuat setiap individu itu berbeda, hal ini akan membuat setiap individu akan saling toleransi dan saling memahami tiap antar individu. 

Hidup didalam keberagaman maka akanmembuat setiap individu akan mendapatkan hal-hal baru yang belum mereka ketahui karena pasti akan ada suatu hal yang membuat individu itu berbeda sehingga hal itulah yang akan dicari untuk dipahami. JIka kita mengetahui apa perbedaanya maka tiap individu akan lebih lebih mudah memahami dan menghargai tiap individu yang berbeda

Jika setiap invidu saling memahami satu dan yang lain maka keharmonisan akan terjadi namun apabila masi ditanamkan sifat seperti membeda-bedakan maka dari itu keharmonisan akan sulit untuk dicapai. Keberagaman ini terjadi di Indonesia karena Indonesia memiliki banyak penduduk dengan ras yang berbeda, agama yang berbeda, suku yang berbeda, kepercayaan yang berbeda, dan faktor lain-lainnya.

Maka dari itu Sila ke 5 dalam Pacasila sangat penting karena berisi tentang "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia" yang memiliki arti meskipun berbeda-beda namun tetap satu dan juga akan diberlakukan secara adil agar tidak menyebabkan kecemburuan sosial dan konflik.

UNPAR




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline