Lihat ke Halaman Asli

Jumlah Pejabat Pemda yang Korupsi Meningkat

Diperbarui: 18 Juni 2015   04:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Selama periode semester pertama 2014, tren terdakwa korupsi terbanyak adalah di kalangan pejabat atau pegawai pemerintah daerah.

Dari 261 terdakwa korupsi tahun ini, ada 101 pejabat pemda yang terbukti sebagai koruptor .

Sesuai rilis ICW, Jumlah pejabat pemda sebagai koruptor meningkat dari dua tahun sebelumnya. Pada laporan ICW tahun 2012, ada 48 pejabat pemda yang melakukan korupsi. Satu tahun berikutnya, ada 60 pejabat pemda jadi terdakwa kasus korupsi.

Harapan rakyat , agar para petinggi pemda, baik di tingkat kabupaten, kotamadya, dan provinsi seharusnya dapat menegakkan aturan yang tegas agar institusinya tak mendapat nilai merah terkait korupsi. Jika ingin memberantas korupsi, seluruh pihak harus punya pandangan yang sama untuk mewujudkannya .

Kemungkinan meningkatnya korupsi , akibat tren hukuman yang dijatuhkan kepada koruptor jauh dari harapan. Dari 261 terdakwa korupsi , ada 193 terdakwa mendapat vonis hukuman penjara ringan (di bawah 4 tahun). 44 terdakwa mendapat vonis hukuman sedang (4-10 tahun). 4 terdakwa mendapat vonis hukuman berat (di atas 10 tahun). 20 terdakwa divonis bebas.

Ayo sama sama kita perangi korupsi .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline