Lihat ke Halaman Asli

Apa Itu Stoikiometri?

Diperbarui: 25 Mei 2023   23:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Massa atom relatif atau Ar merupakan perbandingan massa rata-rata suatu atom tertentu terhadap 1/12 massa 1 atom karbon-12 atau dapat juga didefinisikan sebagai massa rata-rata dari seluruh isotop yang ada di alam jadi untuk menentukan massa atom relatif atau Ar dari suatu atom kita misalkan atom X.

Dapat dirumuskan:

% =persentase kelimpahan isotop di alam A1= nomor massa atau massa dari isotop 1 A2= nomor massa atau massa dari isotop 2 nah misal jika suatu atom me

nah misal jika suatu atom memiliki jumlah isotop sama dengan 3 maka ini rumusnya tinggal dilanjutkan saja ya ditambah % dikali A3 atau massa isotop yang ketiga.

Massa molekul relative (Mr) merupakan masa rata-rata molekul menurut skala C-12, molekul adalah gabungan dari atom-atom, jadi massa molekul relatif atau Mr merupakan jumlah massa atom relatif atau Ar dari semua atom yang ada di dalam molekul.

Apa itu mol? mol adalah satuan SI untuk menyatakan jumlah zat yang digunakan dalam perhitungan kimia, untuk menentukan jumlah mol suatu zat ada beberapa rumus yang dapat digunakan jadi disesuaikan dengan data yang diketahui.

Rumus empiris adalah rumus yang menyatakan jenis dan perbandingan terkecil atom-atom unsur yang menyusun suatu senyawa. Cara menentukan rumus empiris (RE) dari suatu senyawa yaitu:

  • Cari dulu massa (gram) atau persen dari unsur-unsur penyusun senyawa.
  • Masa atau persen yang sudah diperoleh dibagi dengan Ar masing-masing sehingga diperoleh perbandingan mol terkecil, perbandingan mol terkecil inilah yang nantinya menjadi indeks atom-atom penyusun senyawa.

Rumus molekul adalah rumus yang menyatakan jumlah atom-atom unsur yang menyusun 1 molekul senyawa. Cara menentukan rumus molekul (RM) dari suatu senyawa yaitu:

  • Kita harus cari dulu rumus empiris dari senyawa tersebut.
  • tentukan massa molekul relatif (Mr) dari rumus empiris maupun rumus molekul, biasanya untuk massa molekul relatif (Mr) dari rumus molekul itu sudah diketahui di soal.
  • Kita cari nilai n, n = Mr dari rumus molekul dibagi dengan Mr dari rumus empiris. setelah n nya diperoleh barulah bisa menentukan rumus molekulnya, yaitu rumus molekul sama = rumus empiris dikali dengan n. Jadi nanti yang dikali dengan n adalah indeksnya.

Suatu senyawa kimia pastinya mengandung unsur-unsur yang berbeda, untuk mengetahui kadar suatu unsur baik massa ataupun persen dalam senyawa tersebut maka rumus yang dapat kita gunakan adalah.

Pada perhitungan reaksi kimia atau persamaan reaksi hal yang harus diingat adalah dalam persamaan reaksi yang sudah setara perbandingan koefisien menyatakan = perbandingan mol. Jadi langkah-langkah yang harus dilakukan pada perhitungan persamaan reaksi yaitu:

  • menyetarakan persamaan reaksinya atau membuat persamaan reaksi yang setara.
  • mengubah data yang diketahui menjadi mol, misal pada soal yang diketahui adalah massa berarti cari dulu molnya dengan menggunakan rumus mol = massa / Mr begitupun jika yang diketahui adalah volume
  • Menghitung mol zat yang ditanya berdasarkan koefisien reaksinya.
  • Menentukan data yang ditanyakan

Bila zat-zat direaksikan akan ada dua kemungkinan yaitu

  • Semua pereaksi tepat habis bereaksi ini ditandai dengan perbandingan mol awal atau mol mula-mula = perbandingan koefisien
  • Salah satu pereaksi habis dan pereaksi yang lain bersisa yang ditandai dengan perbandingan mol awal atau mula-mula tidak sama dengan perbandingan koefisien.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline