Lihat ke Halaman Asli

Karakteristik Ragam Belajar

Diperbarui: 26 Desember 2022   09:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada dasarnya, setiap individu memiliki ciri-ciri dan karaktaristik yang berbeda-beda. Perbedaan-perbedaan tersebut makin ketara sejalan dengan perkembangan individu  merupakan fariasi yang terjadi, baik aspek fisik maupun psiokologis. 

Seperti manusiamemiliki ciri dan sifat atau karakteristik bawaan dan karakteristik yangdiperoleh seseorang dari lingkungan baik lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat dimana ia bertempat tinggal.Salah satu yang bisa merubah karakter seseorang ialah lingkungan dimana ia belajar (sekolah). 

Pada hakekatnya, belajar adalah suatu proses kejiwaan atau peristiwa pribadi yang terjadi didalam diri setiap individu. Proses belajar itusendiri apabila berjalan dengan baik, kelak akan memberi hasil yang kita sebut"Hasil Belajar".

Hasil belajar itu tidak akan bisa kita capai jika dalam diri kita sendiri tidak terjadi proses belajar. Jadi kita tidak usah heran apabila kita merasa tidak mencapai hasil apa-apa jika memang dalam diri kita tidak pernah terjadi proses belajar itu. 

Kalau proses itu berlangsung kurang mantap, maka hasilnya pun tidak akan memuaskan.Setiap orang bisa dikatakan selalu belajar dan juga dalam arti tertentu mengajar. Misalnya guru mengajar murid-muridnya. 

 Dalam proses belajar bisaanya dikenal ada berbagai macam kegiatan yangmemiliki corak yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Baik dalam aspek materi dan metodenya maupun dalam aspek tujuan dan perubahan tingkah lakuyang diharapkan. Keanekaragaman jenis belajar ini muncul dalam dunia pendidikan sejalan dengan kebutuhan kehidupan manusia. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline