Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Pendampingan Pengelolaan Operasional Bisnis dan Etika Bisnis bagi Toko Kelontong Nabesa Gadut

Diperbarui: 12 November 2024   20:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

iSektor ekonomi menjadi salah satu sektor prioritas dalam pembangunan di Indonesia, salah satu bentuk pembangunannya adalah munculnya toko modern (minimarket), hadirnya minimarket tentunya akan mempengaruhi toko tradisional/kelontong yang berada disekitarnya. Karena kemajuan yang terjadi belakangan ini menuntut toko tradisional/kelontong untuk terus bersaing mencapai sebuah perubahan, kegiatan jual beli pada toko kelontong sama seperti kegiatan bisnis lainnya yang pada pelaksanaanya selalu berhadapan langsung kepada para pengguna.

Oleh karena itu, guna menjaga keberlangsungan transaksi komunikasi yang baik pada saat kegiatan jual beli, sudah semestinya para pelaku bisnis memperhatikan tindakan-tindakan positif yang akan disampaikan kepada para pengguna. Baik itu dari sisi pengeloalaan operasional dan etika bisnis. Pada aspek pengelolaan operasional tidak terlepas dari bagaimana cara merapikan layout, pelayanan kepada konsumen, pembuatan catatan persediaan barang, dan lain sebagainya. Dalam pengelolaan operasional tidak dapat dipisahkan dengan etika dalam berbisnis.

dok. pri

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mensosialisasikan mengenai pengelolaan operasional bisnis dan etika bisnis. PKM ini dilakukan bersama tim yang beranggotakan Nikmatul Husna, S.E., M.M. ; Nelly Prima Putri, S.E., M.Si; dan Irma Andriani, S.E., M.M. Kegiatan ini dilaksanakan di Toko Kelontong Nabesa Gadut yang terletak di jalan raya gadut Kota Padang.

Yang melatarbelakangi kami melakukan PKM ini adalah mensosialisasikan pengetahuan kepada pemilik Toko Kelontong Nabesa tentang pentingnya pengelolaan operasional etika bisnis terkait dengan tujuan usaha untuk mencapai keuntungan jangka panjang . Alhamdulillah kegiatan yang kami lakukan ini mendapat sambutan yang baik dari pemilik usaha Toko Kelontong Nabesa.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pengelolaan layout atau tata letak dan pelayanan, bisa mempraktekkan analisis SWOT, serta pencatatan persediaan barang dan pemasaran produk.

dok. pri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline