Lihat ke Halaman Asli

Kenali Alergi Biduran

Diperbarui: 25 Mei 2018   22:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kenali penyakit alergi biduran.

Alergi  tidak bisa di sembuhkan, tapi diringankan?

Biduran adalah reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah atau putih yang terasa gatal. Bilur ini dapat muncul di satu bagian tubuh atau menyebar ke bagaian tubuh yang lainya. Ukuran dan bentuk bilurpun  bisa berbeda-beda, dari beberapa milimeter hingga sebesar tangan. Selain terasa gatal , ruam pada kasus biduran juga bisa terasa perih atau menyengat,  gejala biduran bisa berlangsung selama beberapa jam atau hari ,Salah satu penyebab umum biduran adalah alergi.

Cara mengatasi biduran

Biduran umumnya tidak memerlukan pengobatan khusus. Gejala ini biasanya akan menghilang dalam beberapa hari, atau beberapa minggu tergantung biduran yang dialaminya, namun jika terasa sangat menganggu , daun sirih bisa digunakan  untuk mengatasi rasa gatalnya yaitu dengan mandi daun sirih dan sedikit air hangat.  Untuk kasus yang lebih parah, kosumsilah tablet-tablet  anti alergi atau tablet dengan kandungan obat alergi yang tinggi

Biduran dapat menyerang siapa saja, terutama pada anak-anak, karna metabolisme yang masih sedikit rendah

Nah untuk bunda-bunda bila anak sedang terkena biduran tidak perlu khawatir,  bisa dirawat sendiri dirumah, meskipun ya membutuhkan  waktu dan penanganan yang khusus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline