Nikmah Mahanani, M.Pd
SMA Negeri 1 Tulungagung
Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Wilayah Tulungagung
Fasilitator : Suyatno, M.Pd. M.Kom
Pendamping Praktik : Imatul Awaliyah, M.Pd
Daya kompetisi pada era globalisasi dan inovasi teknologi suatu bangsa tergantung pada kualitas sumber daya manusia. Sejajarnya pembangunan sumber daya manusia dengan kemajuan iptek dan perkembangan dunia global akan membawa Indonesia pada terwujudnya cita-cita mulai kemerdekaan yaitu bangsa berkarakter, cerdas, mampu bersaing dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain.
Kemendikbud sebagai kepanjangan tangan pemerintah mengemban amanat untuk mengendalikan pembangunan sumber daya manusia melalui peningkatan mutu pendidikan dan memajukan kebudayaan.
Sekolah sebagai ekosistem pendidikan yang memberdayakan sumber daya untuk menumbuhkan murid-murid yang berkembang secara utuh, baik dalam rasa, karsa dan ciptanya dalam terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.
Perubahan paradigma baru pendidikan yang berpusat pada murid menjadi pilihan untuk menguatkan pendidikan. Penguatan praktek pembelajaran berpusat dengan murid dengan cara mendesain pengalaman belajar dan lingkungan belajar yang merespon kebutuhan belajar murid untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui pembelajaran diferensiasi.
Menciptakan pengalaman dan lingkungan belajar yang memperhatikan kebutuhan sosial dan emosional murid tidak kalah urgen diterapkan dalam pembelajaran.
Fenomena yang terjadi pada dunia pendidikan seperti kasus perundungan, pernikahan dini, penggunaan narkoba pada remaja, partisipasi akademik yang rendah, putus sekolah, gangguan emosional seperti stress, kesepian dan bunuh diri. Hal tersebut menunjukkan bahwa perkembangan sosial emosional siswa masih lemah.