Lihat ke Halaman Asli

Berenang Menyembuhkan Penyakit

Diperbarui: 18 Juni 2015   00:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hallo kompasioner.... ini pertama kali saya membuat artikel, saya membuat artikel ini dari pengalaman penulis sendiri, bahwa berenang itu dapat menyembuhkan penyakit. Curhat dikit ya..... dulu itu saya pernah ada gangguan pernapasan. Kemudian saya udah berobat ke dokter tapi hasilnya nihil. Saya tidak mengalami perubahan sedikit pun. Kemudian teman saya mengajak berenang dan setelah itu saya merasa gangguan pernapasan saya itu berkurang, jadi saya rutinitaskan berenang 3 kali seminggu di barengi dengan obat tradisional dan alhamdulillah saya sudah sembuh.

Jadi renang bukan hanya olahraga tapi juga dapat menyembuhkan penyakit. Di balik gerakan renang ada manfaat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya penyakit serangan jantung (heart attack), kencing manis (diabetes melitus). Selain itu renang juga dapat memperbaiki pembuluh darah seperti varises, ambeien, tukak lambung, dan usus dua belas jari mengalami perbaikan.

1.Jantung koroner

Penyakit jantung koroner disebabkan adanya penyempitan dan penyumpatan pembuluh arteri koroner. Ini di akibatkan penumpukan dari zat-zat lemak (kolesterol, trigliserida) yang makin lama makin banyak yang menumpuk di lapisan dalam (endotelium) dari dinding pembuluh nadi. Kebiasaan buruk yang memicu terjadinya penyakit jantung koroner yaitu merokok, kadar lemak darah (kolesterol) yang tinggi.

Penyakit jantung koroner ini banyak diderita oleh mayarakat di dunia.Di Amerika hampir satu juta orang meninggal dunia setiap tahun. Angka ini tergolong tinggi. Cara yang paling baik untuk mengatasi dan mengobatinya ialah dengan berenang. Berenang dapat memperbaiki efisiensi memompa dan meningkatkan kekuatan otot jantung, sehinggapada setiap denyut memperbesar jumlah darah yang dialirkan ke otot jantung sehingga penyakit jantung koroner dapat di sembuhkan.

Berenang dapat merendahkan gula darah karena dalam berenang semua anggota tubuh kita bergerak. sehingga kencing manis (diabetes melitus) pun membaik. Dengan membaiknya diabetes melitus penyakit jantung koroner pun dapat disembuhkan. Selainitu aerobik juga bisa menyembuhkan penyakit jantung koroner karena dapat memperkuat jantung dan membakar lemak. Sebaiknya aerobik dilakukan 30 menit setiap hari 3 sampai 4 kali seminggu.

2.Varises

Varises adalah suatu kelainan yang di sebabkan oleh pelebaran pembuluh balik sehingga terlihat urat-urat halus menyembul di seput betis belakang. Varises membuat sirkulasi darah tidak lancar karena terhambat di sekitar betis dan tungkai kaki saat menahan berat tubuh. Akir-akhir ini diketahui bahwa varises juga tidak hanya terdapat di kaki tetapi juga di lengan. Faktor yang mempengaruhi terjadinya penyakit varises yaitu keturunan/gen, gaya hidup yang tidak sehat, faktor gaya hidup yang tidak sehat bisa di lihat gaya hidup perkotaan yang kurang bergerak atau olahraga, varises yang terjadi pada orang muda karena kegemukan atau kebanyakan kolesterol (ensiklopedi kesehatan).

Bagi orang yang kurang gerak maka pembuluh darah venanya tidak mampu memompa darah secara maksimal. Cara mencegah yang baik ialah dengan olahraga yaitu berenang. Dengan berenang maka sirkulasi darah akan lancar sehingga tidak ada penumpukan darah di betis.

Olahraga sangat banyak manfaatnya bahkan islam sendiri menganjurkan untuk berolahraga. Yaitu terdapat pada Al-qur’an surah Al-Anfaal ayat 60 yang berbunyi “orang mukmin yang kuat lebih di cintai Allah”. Dan juga sabda nabi Muhammad SAW “Akal yang sehat ada di badan yang sehat”. Bahkan ada hadis yang menyuruh untuk berenang saking banyaknya manfaat berenang itu seperti hadis ini “Ajarilah anak-anakmu berenang dan memanah dan sebaik-baik permainan wanita mukmin di rumahnya adalah menenun”.(Al-quran dan panduan kesehatan masyarakat).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline