Kalau bermain games terasa sangat menyenangkan mengapa belajar justru membosankan bagi sebagian siswa? Kalau begitu bagaimana kalau kita balik konsepnya? Bagaimana jika belajar sambil bermain? Perkembangan teknologi yang semakin canggih tidak lagi sulit bagi guru untuk mendesain suatu kelas dengan menggunakan sebuah permainan, seperti dalam kuis interaktif, papan interaktif, ataupun video pembelajaran.
Gamifikasi dalam pembelajaran adalah proses yang menggunakan elemen permainan dalam konteks pembelajaran. Ini dapat menjadi sebuah strategi yang digunakan oleh para guru agar membuat suasana kelas lebih menyenangkan. Pendekatan yang digunakan dalam permainan ini adalah menggunakan elemen-elemen dalam sebuah simulator permainan.
Gamifikasi dalam pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran bagi siswa menjadi semakin interaktif, siswa dapat meningkatkan daya saing secara sehat, dan menjadi bahan refleksi belajar bagi siswa ketika mendapatkan poin atau penilaian dari sebuah permainan dalam belajar. Adapun langkah dalam gamifikasi pembelajaran dapat diberikan kepada siswa berupa poin tambahan, peningkatan level belajar, dan pemberian medali atau hadiah kepada siswa untuk meningkatkan performa belajarnya.
Untuk membantu para guru menciptakan metode gamifikasi dalam pembelajaran, berikut ini adalah 7 website yang dapat guru gunakan untuk menciptakan gamifikasi di kelas dalam pembelajaran:
1. Padlet
Padlet merupakan platform pembelajaran berupa papan tulis interaktif yang dapat digunakan oleh guru dan siswa. Padlet memiliki berbagai bentuk, seperti padlet map, padlet timeline, padlet wall, padlet canvas, padlet shelf, padlet stream, maupun padlet grid yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dalam belajar.
Pada contoh diatas merupakan padlet map dalam pelajaran geografi. Siswa diminta mencari lokasi persebaran jenis-jenis pariwisata yang ada di Indonesia. Untuk menggunakan padlet sangat mudah, kita hanya perlu login atau daftar melalui email dan kemudian muncul make a padlet. Silahkan dicoba pada link berikut ini.
2. Kahoot
Kahoot merupakan kuis interaktif yang paling sering digunakan dalam kelas. Pembuatan kuis yang sederhana dan menarik membuat aplikasi ini banyak digemari oleh para guru. Kahoot dapat digunakan untuk gamifikasi pembelajaran.
Guru dapat mengatur kuis interaktif ini secara individu maupun berkelompok. Kuis interaktif ini dapat dimainkan secara live di kelas, sehingga siswa dapat bergabung mengerjakannya. Kuis ini merupakan kuis berbayar namun dapat digunakan secara gratis hanya pada dua mode, yakni multiple choice dan true or false.
3. Gimkit