Lihat ke Halaman Asli

Nikita Rafa

Mahasiswi

Perkembangan Demokrasi di Indonesia di Mata Dunia Internasional

Diperbarui: 9 Desember 2023   11:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENGERTIAN DEMOKRASI

Demokrasi merupakan sistem yang ada pada pemerintahan yang kekuasaan tertingginya berada di rakyat atau merupakan sistem pemerintahan yang mementingkan partisipasi aktif dari warga negara dalam hal keputusan politik. Demokrasi ini berada di tangan rakyat karena pemerintahan yang dibentuk itu berada pada kedaulatan rakyat dan juga pejabat yang menjalankan pemerintahan tersebut dipilih oleh rakyat sehingga muncullah slogan "dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat". Saat ini Indonesia menggunakan demokrasi Pancasila yang berlandaskan pada Pancasila sebagai dasar negara. Sebelum Indonesia menerapkan demokrasi Pancasila ini, ada beberapa demokrasi yang sudah dijalankan sebelum menerapkan demokrasi Pancasila yang sekarang di antaranya:

  • Demokrasi Parlementer ( 1945 - 1959)
  • Demokrasi Terpimpin  (1959 -- 1965)
  • Demokrasi Pancasila Orde Baru ( 1965 -- 1998)
  • Demokrasi Pancasila Reformasi (1998 -- sekarang)

Contoh demokrasi yang bisa kita temukan di masyarakat seperti pemilihan umum (Pemilu) untuk melantik presiden dan wakil presiden juga pejabat-pejabat pemerintahan, pemilihan ketua kelas yang ada di sekolah, kebebasan dalam menyuarakan pendapat dan lainnya. Indonesia pun mengalami kemajuan terhadap kehidupan demokrasi di sepanjang 2021. Kemajuan itu ditunjukkan oleh kenaikan Indeks Demokrasi Indonesia dari 6,30 pada 2020 menjadi 6,71 pada 2021. Peningkatan itu membawa Indonesia kini bertengger pada peringkat 52 dunia, terkerek setinggi 12 anak tangga dibanding posisi ke-64 pada 2020.

KONSEP DEMOKRASI

Konsep demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan di mana seluruh rakyat berpartisipasi dalam pengambilan keputusan melalui perwakilan mereka, yang dikenal sebagai pemerintahan rakyat. Demokrasi mencakup partisipasi aktif dari rakyat dalam pemerintahan negara dan memastikan hak asasi manusia. Konsep demokrasi berasal dari kata Yunani Kuno yaitu "demos" dan "kratos" yang diartikan sebagai "pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat".

Beberapa ciri-ciri demokrasi antara lain:

  • Sistem pemilu dengan pemungutan suara, dimana pemimpin politik dipilih melalui pemilihan umum.
  • Pemerintahan yang transparan, yaitu kebebasan menyampaikan pendapat dan berpartisipasi dalam proses pengambilan kebijakan.
  • Keterbukaan terhadap keberagaman ideologi, sehingga penerapan nilai-nilai demokrasi merupakan suatu tugas berat yang harus dilaksanakan secara konsisten dan tuntas.

Sebagai negara demokrasi yang berlandaskan hukum, Indonesia menganut sistem demokrasi dan menjadi contoh positif terwujudnya demokrasi yang berkualitas dan berkelanjutan. Dari sudut pandang hukum internasional, Indonesia merupakan negara hukum yang demokratis sesuai dengan kriteria yang diatur oleh International Commission of Jurists, yang meliputi adanya proteksi konstitusional (perlindungan konstitusi), perlindungan konstitusional terhadap kekuasaan politik, dan kekuasaan kehakiman yang adil serta berdasarkan Pancasila.

SISTEM DEMOKRASI SAAT INI 

            Pelaksanaan demokrasi di era reformasi (1998-sekarang) ditandai dengan lengsernya presiden terdahulu, Soeharto yang menjabat sebagai presiden selama sekitar 32 tahun. Demokrasi Indonesia periode reformasi meletakkan fondasi yang kuat bagi pelaksanaan demokrasi Indonesia pada masa selanjutnya. Terdapat beberapa indikator pelaksanaan demokrasi di Indonesia, yaitu:

a. Diberikan kebebasan pers sebagai ruang publik untuk berpartisipasidalam kebangsaan dan kenegaraan.

b. Berlakunya sistem multipartai, diberlakukan ini terlihat pada Pemilihan Umum 1999. Masa ini Kesempatan pada rakyat untuk berserikat dan berkumpul sesuai ideologi dan aspirasi politiknya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline