Lihat ke Halaman Asli

Nikita Amanda

Mahasiswa

Panen Padi Musim Hujan, Petani Baleendah Gunakan Mesin Combine Harvester

Diperbarui: 14 Oktober 2022   12:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Petani sedang menggunakan mesin combine

BANDUNG- Hujan deras terus melanda Jawa Barat termasuk kota Bandung dan sekitarnya. Menurut data yang dikeluarkan oleh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) musim hujan akan berlangsung hingga bulan November mendatang. 

Hal ini menjadi tantangan bagi petani yang akan melakukan panen padi. Lantaran sawah mereka terendam banjir dan terancam gagal panen. Untuk mengatasi masalah ini sebagian petani Baleendah, Bandung Jawa Barat mencoba menggunakan mesin panen Combine Harvester.

Mesin Combine Harvester merupakan bantuan dari pemerintah pusat kepada kelompok tani. Namun belum semua daerah di Indonesia rata mendapatkan bantuan mesin panen ini. Para petani mengatakan bahwa mesin ini sangat mempermudah mereka dalam memanen padi. 

"Dari segi kecepatan maupun hasil mesin ini sangat menguntungkan daripada panen dengan cara manual. Sawah saya yang seluas 1,5 ha dapat selesai dalam waktu kurang lebih 9 jam saja" ucap Dadan (Pemilik sawah) (13/10/2022)

Cara kerja mesin combine harvester begitu unik yaitu merangkap kegiatan memotong, memegang, merontok dan membersihkan padi dengan sekaligus. Muatan mesin yang besar membuat tempat menampungan padi hanya disatu titik. Hal ini mempermudah petani dalam kegiatan pengangkutan. 

"Mesin ini menurut saya ajaib sekali, kami sebagai petani tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga saat panen, hanya mengendalikan mesin dari atas tidak perlu turun ke sawah apalagi sekarang musim hujan. Kadang sawah banyak yang terendam banjir" kata Sudjana salah satu petani (13/10/2022)

Untuk mengoperasikan mesin combine harvester terbilang mudah. Hanya dibutuhkan dua orang, satu orang sebagai operator dan yang lainnya bertugas memegang karung yang akan diisi oleh gabah. Menurut petani selain berfungsi untuk memanen padi, mesin combine harvester juga berfungsi untuk membajak sawah. 

"Bekas dari roda mesin ini sangat dalam sehingga bisa digunakan sekaligus untuk membajak sawah, kami makin diuntungkan" ucap Dadan (13/10/2022). Tidak perlu membayar tenaga kerja yang banyak merupakan alasan lain Dadan memilih menggunakan mesin panen combine harvester.

Para petani berharap teknologi pertanian di Indonesia dapat semakin berkembang untuk mempermudah petani dan menguntungkan bagi rakyat. "Yaa, saya beserta teman-teman petani lainnya tentu mengharapkan pemerintah semakin perhatian terhadap kegiatan pertanian. Semoga terus ada perkembangan dalam hal mesin ini" ucap Dadan (13/10/2022).

Penulis : Nikita Amanda Rahmadani




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline