Lihat ke Halaman Asli

Niki Saraswati

Jatuh cinta pada Bhinneka Tunggal Ika, "menyintai perdamaian"

Sejarah Mozarab di Andalusia dan Bagian Espanyol, Komunitas Kristen yang Hidup di Kerajaan Ummayah

Diperbarui: 4 April 2022   19:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

turismocastillayleon.com

Para saudara/i yang terkasih, banyak butir-butir sejarah yang belum diketahui umat Kristen dan Katolik karena tidak difokuskan untuk mempelajari sejarah keKristenan di luar buku Alkitab, namun sejarah akan memberi arah pada tujuan hakiki kita di masa depan untuk lebih banyak belajar dari sejarah agar tidak mengulang kesalahan pada pelaku sejarah di jaman dahulu. 

Topik kali ini adalah sejarah komunitas Kristen yang hidup dan tinggal di Espanyol di jaman kerajaan khalifa Ummayah. Mengapa saya tertarik pada sejarah Mozarab, dari penjelajahan saya mengenai asal marga "Portillo", seseorang yang berangkat dari Espanyol menuju ke Filipina pada abad ke-16, bersama Ferdinand Magellan. 

Banyak yang tidak mengetahui bahwa Ferdinand Magellan adalah anggota dari Knights of Templar di Order of St. James (Santiago), pada saat itu, seorang anggota dari Knights of Templar adalah yang berkedudukan tinggi di militer Espanyol maupun di Portugal. 

Siapa nenek moyang saya di Eropa? Mereka dikenal sebagai orang Visigoth (Orang Jerman dan Perancis kuno) dan Iberian Celtic, pencarian jati diri diperlukan agar saya tidak mengaku-ngaku berasal dari keluarga mana, ada beberapa fakta sejarah yang bersedia di internet dan disusun ulang untuk mengidentifikasi napak tilas leluhur di berbagai sejarah, daerah dan negara di Eropa. 

Dari marga "Portillo" yang telah diakui bahwa komunitas orang Espanyol yang bermarga "Portillo" berasal di Cantabria (bagian utara Espnayol) dan ibukota dari Cantabria adalah Santader. Saya membuat daftar temuan-temuan agar mempermudah diri untuk merekayasa ulang sejarah keluarga.
 
1. Portillo dari Toledo, Valladolid, Astrurias, Cantabria, Semenanjung Iberia

2. Portellu dari Corsica, Prancis Selatan 

3. Portello dari Italia, Yunani, dan Israel kuno dari Kuil Kedua, dicurigai adalah orang-orang Yahudi 

4. Portillon dari Perancis 

Istana atau Kastil Portillo di Arrabal de Portillo, Valladolid 

Portillo adalah nama dari sebuah Kastil dan juga satu kota di Valladolid, yaitu Arrabal de Portillo, kastil ini dibangun pada abad ke-15. Tidak ada yang tahu asal muasal dari kata Portillo, terkecuali diberi makna dari kata "port atau porta" yaitu "Gate atau Pintu". 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline