Lihat ke Halaman Asli

Bongkar Habis Bahasa Tubuh Anis Matta

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pada kesempatan kali ini saya akan membongkar bahasa tubuh Ketua Umum Partai PKS yaitu Bapak Anis Matta. Menurut saya Bapak Anis Matta ini adalah orang yang penuh ekspresi karena setiap beliau berbicara tanpa disadari tangannyapun ikut bergerak. Berikut analisa yang saya dapatkan dari sebuah video dengan linkhttp://www.youtube.com/watch?v=HkswcMWT2u0.

Pertama yang saya lihat dari cara duduknya pada saat Pak Anis Matta diwawancarai beliau sangat tenang, konsisten, santai. Hal itu dapat dilihat ketika beliau duduk bersandar. Menurut buku hasil karangan Hermann Strehle yang berjudul ‘’MEINEN, GESTEN, UND GEBARDEN’’ yang diterjemahkan oleh Dra. Hanna Widjaja yaitu cara duduk tenang yang artinya jika kita merasa yakin, merasa aman, mempunyai kepercayaan pada lingkungan disekitar kita, maka ada kecenderungan bahwa kita duduk dengan tenang dan menikmati keadaan itu. kita akan duduk bersandar sambil melemaskan urat – urat terutama melemaskan tungkai tetapi masih memperhatikan lingkungan kita sehingga masih terlihat ada ketertiban. Sedangkanmenurut karangan Fanayun dengan judul ‘’Bongkar Habis 99 Isi Otak Cowok’’ mengatakan bersandar dikursi menyatakan bahwa cowok tersebut sedang merasa rileks dengan suatu hal.

Selain itu saat duduk kakinya menyilang ini menandakan orang yang percaya diri dan untuk memberikan ketenangan. Menurut buku hasil karangan Hermann Strehle yang berjudul ‘’MEINEN, GESTEN, UND GEBARDEN’’ yang diterjemahkan oleh Dra. Hanna Widjaja, cara menumpangkan kaki pada waktu dudukpun bermacam – macam. Ini dapat kita lihat pada mereka yang percaya diri sendiri, orang yang merasa lebih tinggi, atau yang merasa sederajat dengan orang – orang sekelilingnya.

Selajutnya pada saat beliau berbicara tangannya selalu bergerak maju dan terbuka. Ini menandakan bahwa beliau memiliki kepribadian yang terbuka dan tidak berpura – pura. Menurut Fanayun dengan judul buku ‘’Bongkar Habis 99 Isi Otak Cowok’’ dapat diartikan bahwa posisi tangan terbuka adalah telapak tangan dengan arah yang menghadap keluar yang menyatakan ketulusan hati dan keterbukaan, cowok akan bersikap apa adanya dan tida berpura – pura tentang sesuatu. Biasanya postur seperti ini juga menyatakan kejujuran yang biasanya diikuti oleh tatapan mata yakin dan sikap yang tenang.

Pada detik ke 00:21 beliau mengatakan ‘’siapapun itu…’’beliau mengepal tangan  dengan meluruskan telunjuk keatas berarti beliau ingin semua yang ada di dalam ruangan itu memperhatikan apa yang sedang dibicarakannya. Menurut buku Hermann Strehle “Meinen, Gesten Und Gebarden” yang diterjemahkan oleh Dra. Hanna Widjaja, meluruskan telunjuk sering dilakukan untuk mengarahkan perhatian pada benda yang ada didalam ruangan atau menunjuk seseorang. Jadi perhatian ditujukan pada sesuatu yang tidak menentu. Pada tulisan Allan Pease yang berjudul ‘’How To Read Others Thoughts by Their Gesture’’, mengatakan bahwa mengepal tangan dan meluruskan telunjuk berarti menjadikan pendengar tunduk atau patuh dengan apa yang kita bicarakan.

Pada detik ke 23.00 beliau mengatakan ‘’yang menulis auditorial anda itu top…’’ dengan gerak tangannya maju kedepan dan kedua jempolnya diangkat. Ini menandakan beliau memberikan kekuatan dan kepercayaan. Menurut buku hasil karangan Hermann Strehle yang berjudul ‘’MEINEN, GESTEN, UND GEBARDEN’’ yang diterjemahkan oleh Dra. Hanna Widjaja, mengepal tangan berarti mengumpulkan dan memperkuat konsentrasi. Dengan mengepal kita memegang, menekan atau menahan sesuatu. Sedangkan Pada tulisan Allan Pease yang berjudul ‘’How To Read Others Thoughts by Their Gestures’’, mengatakan bahwa tangan yang mengepal dengan dengan ibu jari mengarah keatas berarti sebagai sebuah kekuatan yang super dan mencoba untuk menjadikan pendengar berada pada pengaruh kita.

Saat beliau mengatakan ‘’ini badai, saya berdiri diatas reruntuhan….’’ beliau terlihat mengepalkan tangannya. Ini menandakan seperti orang yang sedang berfikir. Menurut buku hasil karangan ‘’Hermann Strehle yang berjudul MEINEN, GESTEN, UND GEBARDEN’’ yang diterjemahkan oleh Dra. Hanna Widjaja, mengepalkan tangan berarti mengumpulkan dan memperkuat konsenterasi. Dengan mengepal, kita memegang, menekan atau menahan sesuatu.

Beliau sempat tertawa ‘’HAHAHA….’’ Pada saat berbicara tentang lagu pada waktu ke 11.31 detik. Menurut buku hasil karangan Hermann Strehle yang berjudul ‘’MEINEN, GESTEN, UND GEBARDEN’’ yang diterjemahkan oleh Dra. Hanna Widjaja, tertawa ini terjadi dengan mulut yang terbuka lebar sehingga ada gerakan ke luar (terbahak – bahak). Tertawa macam ini memberikan kesan terbuka, bebas, berani, dan menjadi satu dengan lingkungan.

Demikianlah pembahasan analisa bahasa tubuh dari Ketua Umum PKS yaitu Bapak Anis Matta. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi yang membacanya. Terima kasih

Sumber :

§http://www.youtube.com/watch?v=HkswcMWT2u0

§Buku Hermann Strehle “Meinen, Gesten Und Gebarden” yang diterjemahkan oleh Dra. Hanna Widjaja

§Allan Pease : How to read others thoughts by their gestures

§Fanayun. 2010. Bongkar Habis 99 Isi Otak Cowok. Jogjakarta : Citra Media.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline