Lihat ke Halaman Asli

NikenDe

Vinsensia Niken Devi Intan Sari

Menyoal Pidato Nadiem Makarim, Kemerdekaan Belajar di Indonesia

Diperbarui: 25 November 2019   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Para guru menjadi petugas upacara pada Peringatan HGN

Selamat Hari Guru Indonesia. 74 tahun merupakan usia yang seharusnya sudah sangat matang. Guru sering dartikan sebagai sosok yang mampu DIGUGU (DIIKUTI) DAN DITIRU (DICONTOH). Harapan yang tercermin dari slogan tersebut kini seakan memudar.

Sebagian besar guru merasa terlalu banyak beban administrasi. Sebagian besar yang lain sibuk mengikuti seminar untuk menaikkan angka kredit. Sebagian yang lain sibuk mengelola TPP yang (maaf) lebih sering dipakai untuk memenuhi kebutuhan konsumtif daripada untuk meningkatkan kualitas SDM. Sehingga seringkali lupa akan tugas utamanya yaitu mengajar dan mendidik.

Dipilihnya Bapak Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sempat diragukan banyak orang.Bahkan di kalangan para guru pun tidak sedikit yang mencibir terhadap penunjukkan Presiden Joko Widodo kepada bos Gojek itu.

Perlahan tapi pasti Mas Nadiem, demikian beliau lebih suka dipanggil di kantornya, mulai melakukan perubahan. Diawali dengan merombak ruangan kerjanya menjadi lebih terbuka, merubah tatanan dalam gaya berpakaian dan dalam berinteraksi dengan banyak orang.

Gaya milenial atau saya lebih senang menyebutnya MBOIS. Up to date. Beliau tertangkap kamera berpenampilan sangat santai meskipun tetap elegan, ketika melakukan perjalanan ke Jawa Timur. Saat itu beliau hendak meninjau langsung gedung SDN Gentong, Pasuruan, Jawa Timur yang ambruk dan memakan 2 korban jiwa.

Terlihat beliau sedang berjalan bersama rombongan di Bandara Soekarno Hatta. Bebaju kaos dan dipunggungnya bertengger sebuah rangsel. Keren banget. Bahkan beliau tidak canggung menyalami beberapa orang yang ada disitu. Capture dari video viral itu pun mengundang senyum, "Menterinya yang mana, ya?"

Tidak hanya penampilannya yang keren. Langkah demi langkah penataan rumah baru beliau membuat banyak pihak tersenyum puas. Meskipun tidak sedikit yang masih mencemooh. Anjing menggonggong Kafilah tetap berlalu, bak pepatah itulah langkah pria yang pernah membesarkan Zalora itu.

Menyoal isi pidato Menteri Pendidikan dalam peringatan Hari guru Nasional. Pak Nadiem menguraikan berbagai kesulitan dan beban tugas guru yang mungkin didapatkannya dari sharing dengan semua organisasi guru saat pertama beliau menjadi menteri.

Paragraf terkahir dari pidato beliaulah yang sangat menarik bagi saya. Kalimat itu berbunyi :Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, Kapal besar benama Indonesia ini pasti bergerak. luar biasa.

Mas menteri tidak mencontohkan agar guru membuka goegle dan menyuruh muridnya mencari pengetahuan dari sana. Namun suami dari Ibu Franka Franklin ini mengajak para guru untuk melakukan perubahan di kelas SETIAP HARI. Gerakan perubahan yang dianjurkan oleh beliau adalah:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline