Lihat ke Halaman Asli

niken pramudya

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Widya Mataram Yogyakarta

Soto Ayam Pak Dalbe sebagai Rekomendasi Sarapan di Tengah Kota Jogja

Diperbarui: 24 Juni 2024   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber pribadi, Instagram @nikenmudya

Soto adalah salah satu makanan khas Indonesia yang telah menarik perhatian para penikmat kuliner dari seluruh dunia. Dengan beragam variasi rasa, bumbu, dan bahan, soto menggambarkan keanekaragaman budaya dan cita rasa yang kaya di negeri ini. Jika kalian sedang liburan ke Jogja, Soto Ayam Pak Dalbe bisa jadi pilihan untuk sarapan. 

Soto Ayam Pak Dalbe terletak di Jl. Jendral Sudirman Yogyakarta, tepatnya diantara Gereja Baptis Indonesia Anugerah dan Pizza Hut. Soto Ayam Pak Dalbe memiliki bangunan yang unik, dimana bangunan yang digunakan untuk berjualan berbentuk persegi panjang dan terhimpit diantara bangunan besar lainnya, hal ini menjadikan soto Pak Dalbe menjadi spot unik dan tersembunyi. Keunikan dari soto Pak Dalbe lainnya pengunjung dapat menikmati soto disepanjang trotoar Jl. Jendral Sudirman sambil menikmati aktivitas pagi ditengah Kota Jogja.

Sejak tahun 1995, Soto Pak Dalbe adalah ikon kuliner yang menawarkan lebih dari sekadar hidangan lezat. Dengan pengalaman 29 tahun dalam meracik soto yang autentik dan memukau, warung ini telah menjadi tempat favorit bagi para pencinta kuliner. Soto Pak Dalbe buka setiap hari Senin hingga Jumat dari pukul 06.00 pagi hingga 13.00 siang. Para penggemar setia harus tahu bahwa Soto Pak Dalbe tutup setiap hari Sabtu dan Minggu.

Meskipun memiliki tempat yang “mungil”, Soto Pak Dalbe mampu menjual 400 hingga 500 porsi dalam satu hari. Dengan harga yang ramah dikantong untuk wilayah ditengah perkotaan dan macam-macam lauk tambahan seperti aneka sate dan gorengan mampu menarik banyak penikmat kuliner pagi untuk sarapan. 

Semangkuk Soto Pak Dalbe diberi harga sebesar Rp. 17000, lalu untuk sate-satean dijual Rp. 4000 untuk pertusuknya. Sistem pembayaran Soto milik Pak Dalbe juga cukup unik yaitu untuk sate dan soto pengunjung membayarkan digerobak depan, lalu untuk minuman dan gorengan pengunjung membayarkannya dibagian belakang warung.

sumber pribadi Instagram @nikenmudya

Satu porsi yang ada dalam semangkuk Soto Pak Dalbe lengkap dengan isian kobis, bihun, taoge, suwiran ayam kampung, taburan seledri dan bawang goreng. Sebagai pelengkap pengunjung dapat menambahkan sambal, kecap dan irisan jeruk nipis sesuai selera. Soto Ayam Pak Dalbe memiliki khas kuah bening dengan rasa manis dan gurih. Soto Pak Dalbe memiliki 3 cabang di Yogyakarta, yaitu cabang Jl. Jenderal Sudirman, cabang Jl. Magelang dan juga cabang gejayan. 

Soto Ayam Pak Dalbe sangat cocok untuk dijadikan rekomendasi sarapan pagi ditengah kota sambil menikmati aktivitas lalu lalang Jl. Jenderal Sudirman. Penilaian atau ratting di media baru Soto Pak Dalbe sangat baik, dimana untuk penilaian diplatform google maps adalah 4.6/5. 

Selain menjadi tempat sarapan dengan keunikan tempat yang dimiliki, Soto Pak Dalbe juga dapat menjadi wisata kuliner pagi di kota Yogyakarta. Bagi kalian yang ingin merasakan Soto Pak Dalbe cabang Jl. Jendral Sudirman, bisa parkir diseberang jalan tepatnya kantor Tribun Jogja.

Niken Pramudya Rahmadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Widya Mataram




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline