Lihat ke Halaman Asli

Niken Anggraini

podcast: anchor.fm/saya-niken

Menikmati Nasi Kambing Kebuli

Diperbarui: 10 Juli 2019   11:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Sewaktu saya dan teman saya ke Jember beberapa waktu yang lalu, menjelang makan malam tiba, saya bertanya ke petugas hotel, tempat kulineran yang mencerminkan Jember banget itu apa aja dan dimana? Petugas tersebut memberikan beberapa rekomendasi tempat.

"Yang terkenal dari Jember itu Pecel Lodeh. Tapi adanya pagi. Biasanya di pasar banyak yang jual seperti itu. Kalau malam begini, mungkin bisa ke Kafe Kolong atau ke Warung Tera' aja," katanya.

Karena salah satu teman saya sudah ada yang pernah ke Kafe Kolong, akhirnya pilihan jatuh ke Warung Tera'. Dengan berbekal Google Maps, kami berempat meluncur ke lokasi warung ini usai salat Maghrib. Warung ini ada di jalan Hayam Wuruk no 44 Gerdu, kec. Kaliwates Jember.  

dokumentasi pribadi

Tempatnya di pinggir jalan. Kami memilih duduk di tempat yang lesehan. Saya memesan nasi Kebuli Kambing. Begitu juga dengan 2 yang lainnya. Sedangkan yang satu orang lagi memilih makan nasi Krawu Gresik karena nggak suka daging kambing. 

Nasi Krawu ini memang khas dengan kota Gresik. Di sana banyak dijumpai orang yang berjualan nasi ini. Rupanya di warung Tera', nasi Krawu juga ada. Untuk minumnya, pilihan saya sama seperti kebanyakan teman yang pesan STMJ.  

Soal rasa, nasi kebuli di warung ini kalau menurut saya enak. Mirip dengan nasi uduk atau sego gurih. Cuma beda di warnanya aja. Ukuran dagingnya lumayan. Cukuplah untuk di makan dengan ukuran nasi yang sepiring itu. Dagingnya empuk dan bumbunya terasa.  

Usai makan sambil menunggu nasi turun, kami juga memesan makanan ringan buat dibawa ke hotel, buat cadangan kalau merasa lapar lagi di tengah malam. Saya pesan roti maryam coklat.  

dokumentasi pribadi

Soal harga, menurut saya masih terbilang wajar. Nasi Kebuli Kambingnya Rp 22.000. Sedangkan nasi Krawunya Rp 20.000. Selain kedua nasi tersebut juga ada nasi Krengsengan dan Gule seharga Rp 20.000 juga. Sementara itu harga roti Maryam-nya Rp 10.000. Kebabnya Rp 15.000 dan Pizza Rp 12.000.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline