Gorengan merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi di lingkungan masyarakat. Makanan ini begitu popular selain karena rasanya yang enak, harganya juga ramah di kantong. Walaupun makanan ini cenderung berminyak dan tidak baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi setiap hari, namun hal ini tidak membuat masyarakat berhenti untuk menikmatinya. Hal inilah yang memebuat banyak orang tertarik untuk membuka usaha gorengan. Usaha ini juga tidak memerlukan tempat yang mewah, kita tidak perlu menyewa ruko atau tempat sejenisnya untuk membuka usaha ini. Lingkungan sekitar kampus bisa digunakan untuk membuka usaha gorengan karena menyediakan peluang yang bagus terutama karena mahasiswa sering mencari makanan yang cepat, enak, dan lezat. Walaupun demikian, sebelum membuka usaha gorengan kita harus mempersiapkan banyak hal agar usaha ini tetap berjalan lancar kedepannya.
Bisnis model canvas bisa digunakan sebagai alat untuk manajemen, merancang, dan strategi dalam pembuatan produk untuk menjual gorengan di lingkungan kampus. Adapun langkah -langkahnya adalah:
Customer Segments
Kita menentukan segmen pasar atau pelanggan yang menjadi target usaha. Jadi untuk usaha gorengan di lingkungan kampus, customer segments meliputi mahasiswa, karyawan kantor kampus, staf dosen, pengunjung kampus dan sekitarnya.
Value Proposition
Menjelaskan produk gorengan yang kita tawarkan dan mengapa pelanggan harus memilihnya daripada yang ditawarkan oleh pedagang lain. Jadi untuk usaha gorengan di lingkungan kampus, value proposition meliputi kualitas/rasa gorengan yang enak, harga yang ramah di kantong, gorengan bervariasi ada dalam bentuk tusukan dan gorengan biasa, dan juga pelayanan yang cepat dan ramah.
Chanel
Disini melibatkan saluran distribusi, bagaimana cara kita berjualan gorengan. Jadi untuk usaha gorengan di lingkungan kampus, chanel meliputi penjualan secara langsung, menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, dan whatsapp, dan juga melakukan kerjasama dengan kantin kampus.
Customer Relationship
Jadi untuk usaha gorengan di lingkungan kampus, customer relationship meliputi selalu update variasi menu di media sosial seperti facebook, whatsapp, dan instagram, menjadi sponsosr pada kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa dan keiatan lainnya, dan juga mengadakan promo beli 3 5000.
Revenue Streams