Lihat ke Halaman Asli

Kania Safitri

Mahasiswa

Setelah Lulus SMA, Kamu Mau ke Mana?

Diperbarui: 12 Mei 2020   08:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Rencanamu.id

Kemana Setelah Lulus SMA - Sekolah menengah atas atau lebih populer dengan SMA merupakan pendidikan formal tingkat menengah di Indonesia. Pendidikan di SMA ditempuh selama 3 tahun. Biasanya usia seseorang ketika berada di tingkat ini berkisar antara 15 - 18 tahun.

Pada saat SMA, kamu akan melalui transisi dari masa remaja menuju dewasa. Hal ini tentunya mengubah cara berpikir kamu menjadi lebih hati - hati dalam menentukan pilihan. 

Selain itu, pandangan masyarakat terhadap kamu juga akan berubah. Karena dianggap sudah dewasa, kamu dituntut untuk bisa bertanggung jawab terhadap setiap langkah yang kamu ambil.

Begitu menyelesaikan pendidikan di Sekolah Menengah Atas, kamu akan menghadapi persimpangan jalan dimana kamu harus memilih untuk menentukan jalan hidupmu selanjutnya. Meskipun segala sesuatu telah ditetapkan oleh Tuhan, bukan berarti kita hanya berpangku tangan tanpa berusaha.

Persimpangan Jalan Setelah Lulus SMA

Sumber : Karsapraja.net

Berbeda dengan Sekolah Dasar dan Sekolah Tingkat Pertama, kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas. Kamu dianggap sudah dewasa dan dituntut untuk dapat mengambil langkah untuk memasuki babak baru di kehidupan. Kamu akan dihadapkan dengan persimpangan jalan yang nantinya akan menentukan hidupmu. Berikut beberapa pilihan yang bisa kamu ambil setelah lulus SMA

Bekerja

Sumber : Pixabay.com

Orang biasanya menyelesaikan pendidikan di SMA saat berusia 18 tahun. Sesuai dengan Undang - Undang No.13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, bahwa anak adalah setiap orang yang berumur dibawah 18 tahun. Artinya, ketika seseorang sudah berusia 18 tahun ia sudah diperbolehkan untuk bekerja. Selain itu, sebagian besar perusahaan menetapkan syarat untuk melamar pekerjaan yaitu mencantumkan ijazah minimal tingkat SMA sederajat.

Setelah lulus SMA, banyak orang berpikir untuk mulai bekerja. Bukan tanpa alasan, pilihan ini diambil karena beberapa faktor salah satunya adalah desakan ekonomi. Namun, orang yang hanya lulusan SMA sekarang kurang diminati di dunia kerja. 

Hal ini dikarenakan minimnya pengalaman kerja dan keahlian yang dimiliki oleh lulusan SMA. Akan tetapi  orang yang lulus dari Sekolah Kejuruan, biasanya sudah memiliki keterampilan di bidang tertentu dan memiliki pengalaman kerja. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline