Lihat ke Halaman Asli

Nihra Syafa

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Teori Kogitif Robert M. Gagne: Prinsip-Prinsip Pembelajaran

Diperbarui: 6 November 2023   23:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Robert Mills adalah seorang professor dibidang psikologi asal Amerika yang lahir pada tahun 1916. Gagne dikenal sebagai salah satu tokoh penting dalam bidang psikologi pendidikan dan pengembangan instruksional. Robert Gagne telah berkontribusi secara signifikan terhadap pemahaman kita tentang proses pembelajaran dan pengajaran.

Robert Gagne selama hidupnya telah banyak bekerja di berbagai lembaga pendidikan dan penelitian, serta menghasilkan banyak buku dan artikel dalam bidang psikologi pendidikan. Ia memainkan peran penting dalam pengembangan ilmu pendidikan dan metode pengajaran yang lebih efektif, dan kontribusinya masih sangat relevan dalam dunia pendidikan modern.

Gagne  dalam  bukunya: The Conditioning of Learning mengemukakan bahwa: belajar adalah perubahan yang terjadi pada kapasitas dan kemampuan manusia, yang terjadi selama periode wakti tertentu, dan tidak hanya disebabkan oleh proses pertumbuhan saja, namun disebabkan oleh banyak faktor.

Gagne berpendapat bahwa belajar itu dipengaruhi oleh faktor ekternal dan faktor internal manusia dan kedua faktor tersebut saling berinteraksi yang kemudian menjadi hasil belajar. Menurut Gagne (1977), belajar merupakan proses yang  bersifat internal bagi setiap individu sebagai hasil dari rangsangan yang  berasal dari peristiwa eksternal yang terjadi di sekitar individu yang kemudian di organisasikan menjadi sebuah pembelajaran.

Gagne berpendapat bahwa pembelajaran itu hendaknya mampu menimbulkan peristiwa belajar dan proses kognitif. Pembelajaran adalah hal yang sangat penting dalam proses pendidikan di sekolah, maka dari itu diperlukan pengelolaan yang baik dalam kegiatan pembelajaran agar tujuan pendidikan dapat tercapai.

Terdapat 6 prinsip pembelajaran menurut gagne, yaitu: (1) perhatian minat motivasi belajar siswa, (2) keterlibatan dan keaktifan langsung siswa dalam pembelajaran, (3) mengulang pelajaran yang lalu, (4) menghadapi tantangan dan semangat dalam belajar, (5) memberikan feedback dan melakukan penguatan belajar, (6) terdapat peubahan perilaku belajar siswa.

Dalam proses pembelajaran terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya, diantaranya adalah, pendidik atau guru, peserta didik, metode, sarana dan prasarana, dan evaluasi atau penilaian hasil belajar. Dan guru menjadi yang paling bertanggung jawab dalam kegiatan pembelajaran.

Proses kegiatan belajar yang baik itu dititik beratkan pada keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menuntut seorang guru atau pendidik untuk aktif dan kreatif dalam membuat lingkungan belajar yang aktif dan kondusif.

Referensi:

Al-Mahiroh, Rifqiyyatush Sholihah, and Suyadi Suyadi. 2020. “Kontribusi Teori Kognitif Robert M. Gagne Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12 (2): 117–26. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.353.

Rofik. 2014. “Teori Belajar Menurut Robert M . Gagne.” Pendidikan 1 (April): 1–8.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline