Lihat ke Halaman Asli

Nihayatu Saadah

A life-long learner

Menyiapkan Dokumen Pendaftaran Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS)!

Diperbarui: 11 Oktober 2022   13:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

freepik.com

Keywords: 

NIIED (National Institute for International Education), lembaga pengelola beasiswa GKS, Korea Selatan 

GKS (Global Korea Scholarship)

 

Ditulisanku sebelumnya, sedikit sudah aku sebutkan dokumen-dokumen apa saja yang diminta oleh Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS). Nah, ditulisan kali ini, aku ingin lebih mendetailkan cerita mengenai persiapan pengumpulan dokumen tersebut sesuai dengan yang sudah aku lalui. 

Oh iya, semoga setelah ini nama GKS akan jadi lebih akrab di hati temen-temen yang baca ya. Seketika nama GKS disebut, sudah paham betul gituloh maksudku, hehe. Bahwa beasiswa ini ada buat temen-temen yang memiliki mimpi untuk lanjut S2 ke Korea Selatan dan syukur-syukur bisa ketemu BTS (eh).

Aamiin deh pokoknya.

Oke! Marilah kita mulai pembahasannya. Berikut ini adalah halaman Document to Submit (Dokumen untuk dikumpulkan) di pendaftaran beasiswa GKS tahun 2022.

Dok Pribadi

Di sini sudah terbagi jelas ya, semua dokumen yang diminta berdasarkan rumpun studi mana yang ingin kita ambil. S2 kah( Master's), S3 (Doctoral), ataukah Penelitian (Research)? Karena aku ambilnya di S2, maka aku hanya akan menjelaskan bagian Master's Documentnya.

Disitu ada 3 Tipe (Types) pembagian dokumen yang diminta dan sudah didetailkan pula mana yang Required (wajib ada) dan mana yang Optional (boleh tidak ada). Dan kalau tidak salah ingat, di panduan juga telah disampaikan bahwa apabila dokumen optional bisa dipenuhi, maka ada nilai tambah yang akan diberikan oleh NIIED. 

Kalau aku pribadi memilih untuk memenuhi dokumen Optional tersebut. Karena dari awal sudah niat, punya semangat, dan berharap untuk LOLOS ya kan, maka kita harus dengan serius menyiapkan semua dokumen yang diminta (required document) dan direkomendasikan untuk dipenuhi (optional document). Percayalah bahwa usaha tidak akan pernah menghianati hasil. Jangan lupa berdo'a juga (penting) dan minta do'a restu orang tua (maha penting).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline